8 Jenis Bahan Kaos Dan Kualitasnya Yang Wajib Anda Ketahui

 

LENTERASULTRA.COM – Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh manusia. Transformasi perkembangan fashion style menciptakan variasi pakaian yang lebih beragam dan unik. Dengan beragam variasi model pakaian saat ini, kaos tetap menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang. Beragam jenis kaos masih banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari karena dianggap lebih nyaman, simple, dan cocok untuk dipadukan dengan berbagai pakaian lainnya.

Sebagai pakaian yang paling umum dikenakan banyak orang, kaos sekilas terlihat sama satu sama lainnya. Sebenarnya, kaos memiliki jenis bahan yang berbeda-beda yang mempengaruhi kualitas, harga, serta kenyamanan saat digunakan. Contohnya kaos Eiger yang pada dasarnya digunakan untuk kegiatan outdoor sehingga memiliki bahan yang variatif mulai dari tebal hingga tipis.

Jika Anda adalah tipe orang yang sering menggunakan kaos, Anda pasti akan merasakan perbedaan setiap bahan kaos. Terlebih tingkat kenyamanan penggunaan bahan dari masing-masing kaos tersebut ketika dikenakan dalam kondisi cuaca atau suhu tertentu. Maka dari itu simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai jenis bahan kaos agar nyaman digunakan dalam setiap aktivitas.

1. Cotton Combed

Kaos dengan bahan cotton combed adalah jenis bahan kaos yang paling banyak digunakan dan cukup sering ditemukan pada kaos distro. Alasan bahan ini banyak digunakan dalam kaos sehari-hari adalah karena serat kapas yang halus menghasilkan kaos yang lembut dan nyaman saat digunakan.

Ketika Anda membeli kaos di platform online seperti Blibli, Anda akan sering menemukan deskripsi kaos cotton combed dengan tipe 20s, 24s, 30s, dan 40s. Walaupun terlihat sama, sebenarnya tipe-tipe ini dibedakan berdasarkan tingkat ketebalan bahan cotton combed yang digunakan. Semakin tinggi nomor tipe pada kaos, maka akan semakin tipis dan lembut kaos tersebut. Tipe kaos yang lebih sering digunakan adalah cotton combed 24s dan 30s karena memiliki ketebalan yang sesuai.

2. Polyester

Bagi Anda yang sering berolahraga, bahan polyester pasti sudah tidak asing lagi. Bahan kaos polyester terbuat dari serat sintetis yang dihasilkan dari unsur minyak bumi dan lebih banyak digunakan pada jersey atau pakaian olahraga dan bersifat sangat lembut.

Bukan tanpa alasan bahan polyester lebih sering digunakan untuk keperluan olahraga, hal ini dikarenakan bahan ini cepat menyerap air, tahan terhadap kuman dan bakteri, tidak mudah berkerut, serta cepat mengering ketika dicuci. Selain itu, bahan ini juga terbukti lebih awet dapat digunakan untuk waktu yang lebih lama dibanding bahan lain.

3. Spandek

Jika Anda mencari bahan kaos yang elastis dan dapat mengikuti bentuk tubuh dengan baik, maka bahan spandek adalah jawabannya. Bahan ini memang sengaja diciptakan dengan serat sintetis untuk menggantikan bahan karet untuk pakaian. Karena bahannya yang didominasi dengan sintetis, bahan spandek disarankan tidak terlalu lama dibiarkan basah karena akan menyebabkan bau.

4. Viscose

Kaos berbahan dasar viscose dikenal dengan harganya yang relatif tinggi karena termasuk kedalam bahan mewah. Walaupun tekstur kaos viscose hampir sama dengan cotton combed, viscose terbuat dari serat sintesa celulosa dengan daya serta yang baik dan kerapatan yang tinggi. Salah satu keunggulan dari bahan viscose adalah mampu menyerap keringat dengan baik layaknya bahan katun dan lebih nyaman saat dipakai.

5. Chief Value Cotton

Bahan chief value cotton atau biasa disingkat CVC adalah bahan perpaduan antara polyester dan cotton dengan perbandingan cotton yang lebih banyak. Dengan perpaduan dua bahan tersebut, keunggulan bahan ini tentu dapat menyerap keringat dan memiliki daya tahan yang lebih lama layaknya kaos polyester. Bahan ini juga tidak mudah kusut serta mudah untuk dicuci tanpa takut luntur.

6. Cotton Bamboo

Sesuai dengan namanya, bahan cotton bamboo terbuat dari perpaduan serat cotton dan serat bambu. Keunggulan dari serat bambu sendiri hampir sama dengan polyester, yaitu memiliki sifat antibakteri, kemampuan menyerap keringat dengan baik, anti bau, dan anti aliran listrik statis.

Kandungan anti bakteri yang terdapat dalam bahan cotton bamboo pada pakaian, dapat membantu Anda yang memiliki sifat kulit peka terhadap bakteri sehingga dapat melindungi kulit Anda.

7. Rayon

Rayon adalah bahan kaos yang bersifat sintetis dan terbuat dari serat kayu selulosa yang tinggi. Kualitas kaos yang terbuat dari bahan rayon dapat dikatakan sangat baik karena mampu menyerap keringat dengan bahannya yang lembut dan sangat nyaman ketika digunakan.

8. Cotton Carded

Cotton carded adalah salah satu bahan kaos yang relatif terjangkau dan berada satu tingkat di bawah cotton combed. Bahan ini tidak memiliki tekstur sehalus cotton combed dikarenakan benang pada bahan cotton carded melalui proses penggarukan. Dengan harganya yang masih terjangkau, kaos dengan bahan cotton carded seperti kaos oblong, kaos olahraga, kaos seragam pabrik tetap dapat memberikan kenyamanan ketika digunakan.

Itulah 8 jenis bahan kaos yang dapat membantu Anda dalam memilih bahan kaos untuk digunakan sehari-hari. Setelah mengetahui karakteristik dari setiap bahan kaos, Anda dapat memilih bahan kaos sesuai dengan aktivitas harian Anda dan jangan sampai Anda memilih kaos kaos yang mengganggu kenyamanan Anda dalam berpakaian.

Chief Value CottonCotton BambooCotton CardedKaosPolyesterRayonSpandekViscose