Kembangkan Potensi Laut, Kadin Sultra Kirim 51 Ton Ikan ke Jatim

Misi dagang pengiriman 51 ton hasil laut ke Surabaya, Jawa Timur. Foto: Burhan

 

 

LENTERASULTRA.COM, KENDARI – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menunjukkan kontribusinya dengan melakukan misi dagang mengirim 51 ton hasil perikanan ke provinsi Jawa Timur. Hasil laut itu terdiri dari 34 ton ikan beku dan 17 ton gurita flower.

Eddy Nurdin selaku Komite Tetap budidaya bidang perikanan dan kelautan Kadin Sultra menyampaikan, misi dagang tersebut merupakan kontribusi Ketua Kadin Sultra Anton Timbang yang selalu memberikan fasilitas untuk melakukan ekspor hasil laut di daerah ini.

“Alhamdulillah hari ini kami mengirim hasil laut Sultra 2 kontainer bertahap itu totalnya sekitar 34 ton tujuan Surabaya dan nantinya akan di kirim ke luar negeri. Ini tidak terlepas dari atensi Presiden RI dan difasilitasi oleh Ketua Kadin Sultra Anton Timbang,” ungkapnya, Kamis, 16 Februari 2023.

Lebih lanjut ia menambahkan industri perikanan harus terus ditingkatkan, selain sektor pertambangan. Dua sektor ini dinilai paling potensial di Sultra.

“Memang saat ini sektor perikanan harus ditumbuhkan, bukan sektor pertambangan saja karena banyaknya potensi-potensi yang berada di Sulawesi Tenggara,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari, Syahril Abd. Raup menjelaskan langkah yang dilakukan oleh Kadin Sultra dengan melakukan ekspor komoditas perikanan sudah tepat karena mendorong tumbuhnya industri perikanan.

“Kita terus menarik kapal-kapal untuk terus masuk ke pelabuhan kita dan semakin banyak kapal yang masuk semakin banyak pula produksinya,” paparnya.

Berdasarkan data tahun 2022, ada 22 ribu ton ikan mendarat di pelabuhan perikanan Samudera Kendari. ”Harapan saya nantinya ekspor tak lagi dilakukan melalui kota lain seperti Surabaya dan Jakarta namun langsung pelabuhan Kendari,” harapnya.

Penulis : Burhanuddin
Editor: Ode

Eddy Nurdinkadin sultraKPI Samudera KendariPerikananViral