OJK Sultra dan PD BPR Bahteramas Goes to School Tingkatkan Literasi Keuangan Pelajar

OJK Sultra bersama PD BPR Konawe usai memberi edukasi keuangan pada siswa SMAN 1 Wawotobi. Foto: Istimewa

 

KONAWE, LENTERASULTRA.COM – Dalam rangka mendukung peningkatakan literasi keuangan pada kalangan pelajar, OJK Sultra dan PD BPR Bahteramas melakukan Goes To School. Kali ini OJK Sultra melakukan edukasi keuangan pada siswa di SMAN 1 Wawotobi dengan jumlah kurang lebih 80 siswa.

Staf Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sultra Imam Adicipta mengatakan, OJK Sultra memberikan pemahaman terkait tugas dan fungsi OJK, waspada investasi bodong, serta maraknya pinjaman online atau biasa disebut Fintech.

Imam menjelaskan, hal tersebut sebagai komitmen OJK Sultra dalam mendukung target inklusi keuangan nasional 90 persen pada tahun 2024.

“Saya harapkan kepala sekolah, guru dan paling utama siswa mengetahui terkait lembaga jasa keuangan dan produk-produknya serta selalu memerhatikan, membaca atau menelusuri terlebih dahulu terkait produk jasa keuangan yang akan digunakan nantinya,” kata Imam (15/2/23).

Lebih lanjut Imam mengatakan, agar masyarakat selalu ingat akan prinsip 2L untuk investasi yaitu legal dan logis, agar masyarakat terhindar dari investasi ilegal.

Sementara itu, Direktur Utama PD BPR Bahteramas Konawe, Ahmat mengatakan, seharusnya anak dari usia dini dalam hal ini siswa sudah harus ditanamkan pengetahuan tentang mengelola keuangan. Makanya BPR Bahteramas Konawe hadir untuk memberikan dan menginformasikan tentang produk apa saja yang dapat digunakan atau dimanfaatkan oleh kepala sekolah, guru, dan para siswa khususnya.

“Jadi, kurangnya pemahaman dan informasi terkait Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Jasa Keuangan bisa menyebabkan penyesalan dikemudian hari, karena kami adalah perusahaan daerah milik Pemda jadi kami kadir dari rakyat dan untuk rakyat khususnya masyarakat Kabupaten Konawe,” kata Ahmat.

Kepala sekolah SMAN 1 Wawotobi, Kaifan Syah mengatakan, perkembangan digital yang sudah masuk di daerah ini menjadi tanggung jawab bersama dalam hal edukasi. Dimana semua harus paham dan mengerti agar tidak terjerumus terhadap penipuan baik pinjaman online maupun investasi bodong.

“Terimakasih untuk OJK Sultra dan BPR Bahteramas Konawe atas ilmu dan informasi serta pembelajaran yang dilaksanakan pada siswa khususnya di SMAN 1 Konawe. Semoga Kegiatan ini tidak berhenti di sini saja tapi berlanjut hingga ke desa desa yang belum paham tentang maraknya penipuan dari segi digital,” jelasnya.

Reporter: Sri Ariani
Editor: Ode

Edukasi KeuanganLiterasi KeuanganOJK Sultra Goes To SchoolPD BPR Bahteramas