Anton Timbang Minta Kadin Bombana Bisa Bangkitkan UMKM Pasca Covid

Ketua Kadin Sultra Anton Timbang saat menyerahkan SK Kadin Bombana, Foto : Istimewa

 

 

LENTERASULTRA.COM, KENDARI – Ketua Kamar Kagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara, Anton Timbang menyerahkan surat keputusan tentang pengurus Kadin Bombana. Anton Timbang meminta Kadin Bombana segera membantu pemulihan ekonomi pasca covid 19 bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu.

Adapun pengurus Kadin Bombana yang di menerima SK tersebut ialah Irda Siswanto sebagai Ketua. Penyerahan SK dilakukan, Rabu 17 November 2022.

“Saya berharap dengan adanya SK ini, teman-teman Kadin Bombana dapat bekerja cepat dan membantu pelaku UMKM di Bombana,” kata Anton Timbang saat ditemui di kantor Kadin Sultra.

Anton Timbang menjelaskan, proses tahapan musyawarah pemilihan ketua kadin Bombana ini telah dijadwalkan sejak bulan Maret lalu, proses yang cukup ketat dalam memilih calon ketua sehingga memakan waktu yang cukup lama.

Jadi sebenarnya musyawarah Kadin Bombana sudah dilaksanakan sejak bulan Maret kemarin, namun ada proses seleksi untuk menentukan orang yang betul-betul layak ditempatkan sebagai pengurus Kadin Bombana,” bebernya.

Ketua Kadin Bombana, Irda Siswanto mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pemetaan pelaku UMKM.
“Nantinya kebijakan-kebijakan itu berdasarkan kondisi di lapangan,” ujar Irda Siswanto.

Ia menambahkan, pelaku-pelaku UMKM yang akan dibantu sudah terdata beserta solusi yang sudah disiapkan Kadin Bombana. “Target program kami mulai dari pelaku UMKM, karena boleh dikata Kabupaten Bombana adalah wilayah surga investasi, jadi kami bertugas menjembatani pelaku UMKM seputar investasi di Bombana,” ucap Irda.

Ia memaparkan pihaknya telah mendata sekitar 24 pelaku UMKM di Kabupaten Bombana untuk didukung Kadin Bombana dan akan diusungkan ke perusahaan Smelther, Tambang, maupun Pemda. “Pelaku UMKM dari bidang usaha tempurung atau batok kelapa, catering, dan lain-lain,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Sebanyak 7 daerah di Wilayah Sulawesi Tenggara telah menerima SK Pengurus Kadin dari Kadin Sultra. Daerah tersebut yakni, Kadin Kota Kendari, Bau-bau, Kabupaten Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Kolaka, Kolaka Utara (Kolut), dan Bombana.

 

Penulis : Burhanuddin
Editor: Ode

Anton TimbangIrda Siswantokadin sultraPemulihan Ekonomi UMKMSk Kadin Bombana