Sambut Kontingen Porprov, Pj. Bupati Buton Pimpin Rakor Pemantapan

Pj Bupati Buton Basiran memimpin rakor pemantapan Porprov XIV Sultra di Buton. Foto : Ist

PASARWAJO, LENTERASULTRA.COM- Kurang lebih dua pekan lagi, Kabupaten Buton akan dikunjungi ribuan atlet dari seluruh kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara. Kehadiran mereka di daerah penghasil aspal itu untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara ke-XIV. Menyambut kehadiran kontingen  olahraga Porprov dari sejumlah daerah itu, Pj Buton Basiran mematangkan persiapannya, Senin 14 November 2022.

Basiran turut memanggil sejumlah pihak yang berkompoten dengan Porprov. Mulai dari Sekda Asnawi Jamaluddin, Kadis Pemuda Olahraga, La Ode Abdul Zainuddin Napa, Kabag Ops Polres Buton, AKP Sumarso, Ketua KONI Kabupaten Buton, LM Syamsir Siri Ikrami. Kepala OPD Lingkup Pemkab Buton, Kasat Lantas Polres Buton, Iptu, Suherman, dan para camat se-Kabupaten Buton.

Kata Basiran, Buton merupakan tuan rumah bersama Kota Baubau dalam perhelatan event olahraga paling bergengsi di jazirah Tenggara Sulawesi. Buton akan menggelar opening ceremony dan 21 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Bumi Penghasil Aspal tersebut, sedangkan kota Baubau akan menggelar penutupan dan beberapa cabang olahraga lainnya.

Sejumlah kepala OPD saat mengikuti rapat pemantapan Porprov. Foto : Ist

“Event ini akan sukses tergantung dari pembukaannya dimana yang akan menggelar itu adalah Kabupaten Buton yang akan dipusatkan di alun-alun Takawa, Pasarwjo. Selain itu persiapan kita harus matang dalam melayani kontingen selama mereka berada dan bertanding di Pasarwajo. Dari kedatangan hingga mereka menginap di Pasarwajo. Semua LO kontingen harus mengecek segala persiapatan yang dibutuhkan kontingen utamanya persedian air bersih, toilet dan hal-hal lainnya,” kata Pj. Bupati Buton.

Bukan hanya itu, Kepala BPKAD Provinsi Sultra ini menegaskan para LO juga harus menyiapkan penyambutan. “Ini menyangkut harga diri Kabupaten Buton. Pembukaan harus sukses, kita juga harus menjadi tuan rumah yang baik bagi kontingen,” lanjutnya.

Pj. Bupati juga meminta pihak kesehatan untuk memaksimalkan pelayanan baik di tempat pembukaan maupun ketika event ini digelar. “Pak Kadis untuk membuat surat edaran, meminta semua apotik di Pasarwajo kiranya dapat membuka pelayanan sampai jam 12 malam,” katanya.

Selain itu, Pj. Bupati Buton meminta turut melibatkan UKM di Kabupaten Buton dalam perhelatan Porprov nanti. Mereka bisa menjual cindera mata kerajinan rakyat dan kuliner untuk para tamu. “Kiranya ini dapat dikoordinir dengan baik oleh Dinas Koperasi dan Dinas Perindustrian,” harap Pj. Bupati.

“Semua aspek harus diperhatikan. Tidak boleh kita lengah. Penerangan lampu jalan harus menyala, Rekayasa lalu lintas, tempat pemondokan kontingen harus disiapkan sejak dini,” katanya.

Salah satu kepala OPD menyampaikan persiapan Porprov kepada Bupati Buton, Basiran. Foto : Ist

Dan yang tak kalah pentingnya tegas Pj. Bupati adalah kedatangan tamu undangan seperti, Gubernur, Forkopimda Provinsi, Bupati, Wali Kota dan Forkopimda kabupaten kota dan ketua-ketua rombongan harus disambut dengan baik. Mereka akan disambut di Rujab Bupati dengan tarian penyambutan dan pengalungan sarung dan pemakaian kampurui,” katanya.

Pj. Bupati pada kesempatan itu mengecek kesiapan dan kendala masing-masing bidang. Mantan Kepala Badan Kesbangpol Kalimantan Utara ini menegaskan semua pihak harus berkalaborasi untuk menyukseskan penyelenggaraan event Porprov Sultra 2022. (Adv)

BasiranBaubauButonPj Bupati ButonPorprov XIV Sultra