Pemkab Buton-Unidayan Perpanjang MoU, Pj Bupati Basiran Harap Potensi Daerah Dikembangkan Lewat Penelitian

Pj Bupati Buton, Basiran mememerlihatkan dokumen MoU yang baru saja ditekennya bersama Rektor Unidayan Sjamsul Qamar. Kedua pihak sepakat melanjutkan kerjasama. Foto: Humas dan Protokol Setda Buton.

 

 

PASARWAJO, LENTERASULTRA.COM – Pj Bupati Buton, Basiran melanjutkan tradisi menggandeng perguruan tinggi sebagai mitra straregis pemerintah daerah dalam menggali potensi dan merumuskan kebijakan.

Basiran baru saja memerkuat sinergi antara Pemkab Buton dengan Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) setelah penandatanganan perpanjangan Memorandum Of Understanding (MoU) dilakukannya bersama Rektor Ir. LM. Sjamsul Qamar.

Seremoni penandatanganan perpanjangan MoU dilakukan langsung Pj. Bupati Buton, Basiran, dan Rektor Unidayan, Ir. LM. Sjamsul Qamar di ruang rapat rektor, kampus Unidayan, Baubau, pada Senin siang, 17 Oktober 2022.

 

Pj Bupati Buton Basiran dan Rektor Unidayan Sjamsul Qamar. Foto: Dinas Kominfo dan Persandian Buton

 

Pj. Bupati Buton, Basiran mengungkapkan kerja sama yang dijalin dengan perguruan tinggi merupakan upaya untuk mendukung kemajuan-kemajuan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Karena saya pahami perjanjian dengan perguruan tinggi adalah hal yang sangat penting. Kampus penuh dengan orang-orang hebat. Unidayan sudah banyak melahirkan lulusan terbaik ilmuwan hingga pejabat,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan kerjasama dengan Unidayan akan diarahkan untuk menggali potensi daerah yang belum dikelola optimal selama ini. Salah satunya, Pemkab akan menggandeng Unidayan untuk menyelenggarakan seminar nasional tentang aspal dalam beberapa waktu kedepan.

“Di jaziran Buton tentu kita berharap kiranya potensi yang kita miliki, kita kembangkan semaksimal mungkin. Oleh sebab itu harus dikaji secara akademis melalui penelitian,” katanya.

 

Pj Bupati Buton, Basiran.

 

Pj. Bupati juga menegaskan agar kerja sama itu harus ditindaklanjuti. Nantinya semua organisasi perangkat daerah yang ada di Kabupaten Buton dapat menjalin kerjasama sesuai dengan bidang masing-masing. “Misalnya Dinas Perikanan mengkaji bersama kandungan perikanan di Buton dengan Fakultas Perikanan. Demikian juga OPD lain,” katanya.

Perpanjangan MoU itu disambut baik Rektor Unidayan, Sjamsul Qamar. Ia menilai kerjasama selama ini yang dilakukan selama ini baru sebatas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat seperti KKN dan penelitian dosen Unidayan.

Kedepan, Rektor berharap ada penelitian dalam bentuk kerjasama dengan bidang tertentu dengan tersedianya 17 program studi, SDM dosen Unidayan yang terdiri dari lulusan S3 dan S2 berbagai disiplin ilmu.

“Kami menyambut baik perpanjangan MoU ini. Terimakasih untuk Pemkab Buton, semoga bisa saling bersinergi dengan perguruan tinggi dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi,” pungkasnya.

Turut hadir Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Buton, Wa Ode Sitti Raemuna, SE, Wakil Rektor Bidang Perencanaan Pengembangan Kerjasama Unidayan, Dr. Andi Tendri dan sejumlah Civitas Akademika Unidayan.

 

Adv

BasiranBasiran Teken MoU Bersama UnidayanPemkab Buton UnidayanPj Bupati Buton Basiranunidayan