Program Kemitraan Masyarakat, Dosen Teknik UHO Benahi Jalan Desa Kabangka di Muna

Tim dosen fakultas teknik UHO ikut membenahi jalan Desa Kabangka, Muna. Foto: Istimewa

 

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Tim Dosen Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari baru saja melaksanakan program kemitraan masyarakat di Desa Kabangka, Kecamatan Kabangka, Muna. Tim dosen UHO melakukan pemberdayaan masyarakat terhadap pengembangan infrastruktur di desa setempat.

Ketua Tim Dosen Fakultas Teknik UHO, La Welendo mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan di jalan Poros Desa Kabangka Kabupaten Muna pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu. Tujuannya ialah kontribusi berupa ilmu pengetahuan tentang potensi dan pengembangan infrastruktur guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini memberikan pemahaman tentang pengembangan infrastruktur khusunya pembenahan jalan Desa sebagai akses pergerakan masyarakat untuk menunjang kegiatan ekonomi, sosial, pendidikan, dan lain lain,” kata Welendo pada Lenterasultra, Jumat (14/10/2022)

Menurutnya, Desa Kabangka memiliki potensi wisata serta lahan pertanian yang sangat subur. Namun daerah itu saat ini belum didukung dengan keadaan infrastruktur yang memadai.

“Wilayah itu memiliki sumber daya alam yang cukup, dalam hal ini potensi wisata yang dikenal dengan Fotuno Sangia yang sering dikunjungi wisata lokal maupun mancanegara. Selain itu lahan pertanian juga sangat subur. Namun akses jalan menuju ke Desa tersebut perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak,” ungkapnya.

Olehnya itu, Welendo mengaku melakukan pengabdian untuk memberikan kontribusi berupa karya dan produk nyata yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Serta memberikan pemahaman tentang pengembangan infrastruktur khusunya pembenahan jalan Desa sebagai akses pergerakan masyarakat untuk menunjang kegiatan ekonomi, sosial, pendidikan, dan lain lain.

Dosen bergelar Doktor itu, mengaku dalam proses pelaksanaan kegiatan pengabdian tersebut disesuai ketersediaan sumber daya dari tim. Yakni berupa sosialisasi kepada masyarakat, petani maupun pemerintah setempat dengan dengan mengedepankan Ilmu pengetahuan. Lebih lanjut, metode yang digunakan pun adalah exsample provide, diskusi secara lansung maupun face to face kepada masyarakat, serta aplikasi lapangan dalam pengembangan infrastruktur (pembenahan jalan Desa).

“Harapan adanya kegiatan program pengabdian ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat terhadap penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi guna bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya.

Reporter : Sry Wahyuni
Editor: Ode

Dosen Teknik UHOKabangka MunaKemitraan MasyarakatLa WelendoTeknik UHOUHO