Presiden Ingin Stop Impor Aspal, Rencanakan Buton Sebagai Sentra Industri Aspal Nasional

Presiden Joko Widodo menyalami Pj Bupati Buton Basiran dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Buton. Istimewa

 

 

PASARWAJO, LENTERASULTRA.COM – Kabupaten Buton bakal dijadikan sentra industri aspal nasional. Rencana itu diungkapkan Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Kota Baubau dan Kabupaten Buton, 27 September 2022.

Joko Widodo menegaskan dua tahun ke depan tak ada lagi aspal impor. Kebutuhan dalam negeri akan disuplai dengan memanfaatkan aspal buton. Menurut orang nomor satu di Republik ini tersebut, Kabupaten Buton merupakan penghasil aspal terbesar di dunia harus hidup kembali sebagai industri penghasil aspal.

Presiden Joko Widodo meninjau langsung pabrik aspal milik PT Wika Bitumen di Kabungka, Desa Winning, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Selasa, 27 September 2022. Joko Widodo disambut langsung Pj. Bupati Buton Basiran dan pimpinan PT Wika Bitumen.

Adapun Presiden didampingi masing-masing Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi.

Jokowi mengatakan Indonesia kini terus melakukan impor aspal. Bahkan jumlahnya tidak kurang 5 juta ton pertahun. Padahal, potensi aspal itu tersedia didalam negeri yakni di Kabupaten Buton. “Kemarin saya sudah bicara dengan Menteri. Hari ini kita tinjau lapangan dan kita dapat kajian,” katanya.

“Stop. Kita putuskan dua tahun lagi tidak ada import aspal. Semuanya harus dikerjakan oleh Buton. Silahkan BUMN Swasta, join pihak asing juga silahkan. Tetapi kita ingin ada nilai tambah dari aspal yang ada di di Buton,” sambungnya.

Presiden menyebutkan ada potensi 662 juta ton aspal di Buton. Aspal alam ini masih bisa diolah hingga sekitar 120 tahun kedepan.

Dikatakan Presiden jika semua itu dapat diolahn maka akan menghasilkan nilai tambah. “Di sini ada pajak, royalty, deviden, pajak karyawan. Semua ada di sini. Bukan hanya sebagai daerah tambang saja, tetapi sebagai industry penghasil aspal,” jelasnya.

 

Presiden Joko Widodo di pabrik aspal milik PT. Wika Bitumen, Passarwajo, Buton.

 

Pj. Bupati Buton, Basiran menyambut baik kunjungan Presiden di Bumi Penghasil Aspal terbesar di dunia. Kunjungan Presiden Jokowi merupakan hal yang bersejarah.

“Kunjungan Presiden Jokowi di Tambang Aspal Kabungka Buton secara simbolis menunjukkan komitmen pemerintah untuk mengelola Aspal Buton untuk kepentingan seluruh masyarakat,” ujar Pj. Bupati Buton.

 

Pj Bupati Buton Basiran mendampingi Presiden Joko Widodo saat membagikan bantuan kepada masyarakat. Istimewa

 

Sebelumnya Presiden bersama rombongan membagikan Subsidi BLT BBM dan BSU Ketenagakerjaan di Lapangan Pasarwajo. Masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan Presiden. Jokowi pun sempat berdialog dengan para penerima bantuan, dan sesekali menyempatkan diri berpose bersama, menyapa dan menyalami warga.
Presiden Jokowi juga sempat menyambangi Pasar Sabho, Kelurahan Saragi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton.

Adv

AsbutonAspal ButonBasiranButon Penghasil aspalindustri aspal butonJoko Widodo di ButonPj Bupati ButonPresiden Jokowi