Askab PSSI Muna Buka Turnamen Mantobua Genlap Cup, 32 Tim se-Muna Bakal ‘Bentrok’

Sekretaris Umum Askab PSSI Muna, Andi Arwin menendang bola untuk menandai dimulainya turnamen Mantobua Genlap Cup 1 2022 se-Muna. Foto: Ode

 

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Asosiasi Kabupaten PSSI Muna resmi membuka turnamen bola mini Mantobua Genlap Cup 1 2022. Sebanyak 32 tim se-Kabupaten Muna akan ‘bentrok’ di lapangan sepakbola Desa Mantobua, Kecamatan Lohia.

Sekretaris Umum ASKAB PSSI Muna, Andi Arwin mengatakan, pelaksanaan kejuaraan itu dapat menjadi ajang pencarian bibit pemain muda potensial untuk daerah. Ia mengapresiasi komunitas Genlap Mantobua dan pemerintah desa beserta masyarakat yang terlibat sebagai panitia kegiatan tersebut.

“Kami anggap panitia ini berani. Tidak mudah menggelar kegiatan dengan 32 tim sebagai peserta. Kami PSSI berkomitmen mendukung kegiatan ini sampai sukses,” jelasnya.

Andi Arwin mengatakan, ASKAB PSSI yang digawangi pengurus baru berkomitmen membesarkan sepakbola daerah dengan visi Gas Bolamu atau Gerakan Sepakbola Muna Unggul. Visi itu akan dilaksanakan melalui misi antara lain meningkatkan pembinaan atlit, pelatih dan wasit.

PSSI juga akan memperluas kompetisi semua jenjang. Mulai dari kompetisi pelajar maupun kompetisi terbuka. Bahkan juga akan melibatkan tim luar Kabupaten untuk membiasakan jam terbang berkompetisi pemain lokal Muna.

“Muna ini dikenal sebagai ladang pemain berbakat. Saya rasa ini momentum tepat, dibawah pengurus ASKAB PSSI Muna yang baru pimpinan Pak Anwar Agigi sebagai Ketua,” jelasnya.

Selain itu, Andi Arwin juga mengungkapkan, PSSI akan memerkuat sarana prasarana sepakbola. Strategi lain yang juga akan diterapkan ialah melibatkan Camat sebagai pengurus membidangi komite-komite dalam kepengurusan Askab PSSI Muna.

“Kedepan kita juga mendorong terciptanya klub-klub kecamatan dibawah naungan ASKAB PSSI. Termasuk membangun Fotball Muna Talent yang bergerilya ke wilayah kecamatan untuk menjaring atlit potensial,” paparnya.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Mantobua, Awaluddin menjelaskan, kegiatan tersebut menjadi momentum membangun sinergi bersama Askab PSSI dalam memberi ruang pemuda untuk menyalurkan bakatnya di bidang sepakbola. Awaluddin juga mengusulkan agar PSSI mendorong peningkatan sarana prasarana sepakbola untuk menunjang animo berlatih atlit di wilayah desa.

“Salah satunya lapangan sepakbola Mantobua yang bisa dijadikan lapangan kedua bagi PSSI Muna. Tinggal dilakukan beberapa pembanahan saja dan ini butuh dukungan daerah,” terangnya.

Adapun ketua panitia turnamen Mantobua Genlap Cup 1 2022, Mirfan Sarumi mengatakan jika kejuaraan ini diikuti 32 tim dari berbagai klub dan utusan desa di Muna. Berlangsung hingga 10 Oktober mendatang, kejuaraan itu bertujuan mengokohkan silaturahmi antar pemuda.

Selain kejuaraan bola mini, kegiatan lain yang digelar ialah lomba bola dangdut yang diikuti 19 tim se-Kabupaten Muna. “Ini momentum memerkuat silaturahmi dan sinergitas, bukan saja antar pemuda, tetapi juga dengan pemerintah dan PSSI. Sekaligus menjadi hiburan bagi masyarakat,” urainya.

Ode

 

 

Askab PSSI MunaGenlap CupKejuaraan Bola se kabupaten MunaMantobuaMantobua Cup