Pemkot Segera Mulai Seleksi Direksi Perumda Pasar Kendari, Dewan Ingatkan Pansel Transparan

Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Riski Brilian Pagala saat mengunjungi salah satu pasar di Kendari. Foto: Humas DPRD Kendari for Lenterasultra.

 

 

LENTERASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari segera melaksanakan seleksi jabatan Direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Kota Kendari pada bulan September ini. Dewan mengingatkan agar seleksi benar-benar transparan.

Sekretaris Kota Kendari, Ridwansyah Taridala menjelaskan persiapan seleksi Direksi Perumda sudah sampai pada penggodokan pentunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan seleksi dan pembentukan tim penguji.

“Segera bulan September ini semua sudah rampung, kita sudah siapkan tim penguji dari Pemkot, akademisi dari kampus dan Psikolog yang sudah lama jadi mitra kita,” ucap Ridwanysah saat ditemui baru-baru ini.

Ridwansyah yang juga sebagai Ketua Pansel menambahkan, adapun syarat dan kriteria calon direksi Perumda ini belum sepenuhnya ditetapkan dalam juknis. Namun syarat itu bersifat seperti pada umumnya.

“Syarat umumnya sehat jasmanai rohani, punya pengalaman memimpin perusahaan, yang terpenting dia warga Kota Kendari,” paparnya.

Sebelumnya, seleksi Perumda ini telah dibahas di DPRD Kendari. Beberapa anggota dewan sempat mengusulkan proses seleksi tersebut baiknya melibatkan legislatif. Menanggapi ini, Ridwansyah menjelaskan tahapan seleksi merupakan kewenangan Pemkot, sesuai aturan Kementrian Dalam Negeri.

“Legislatif itu hanya perumusan perdanya saja. Ini sudah dikonsultasikan ke Kementrian terkait pembentukan perumda,” kata Risdwansyah.

Ketua Komisi II DPRD Kendari, Riski Brilian Pagala menegaskan tim panitia seleksi (Pansel) harus lebih terbuka dan profesional. Ia meminta agar proses seleksi dilakukan secara objektif dan tidak ada unsur nepotisme. Dengan
demikian diharapkan bisa menghasilkan Direksi Perumda yang mampu mengatasi masalah pasar di Kendari.

“Jangan ada nepotisme karena kami tetap mengawasi seleksi nanti. Pilih betul-betul secara profesional jangan karena ada unsur kedekatan, apalagi ada urusan politik. Kita berharap direksi yang dipilih memperbaiki manajemen pengolahan pasar yang lebih baik lagi,” tutup Riski.

 

Penulis : Burhanuddin
Editor: Ode

Ketua Komisi II DPRD KendariRidwansyah TaridalaRiski Brilian pagalaSekda KendariTags : Seleksi Perumda Pasar