Inner Ring Road Kendari Siap Dipakai Tahun Ini

Proses pekerjaan inner ringroad Kendari, Foto : Dokumentasi PUPR Kendari.

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM -Pembangunan inner ring road atau jalan kembar Kali Kadia hingga RSUD Kendari kini mencapai 70 persen. Diprediksi rampung dan bisa digunakan akhir tahun ini.

Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku pekerjaan inner ring road sudah masuk tahapan pekerjaan stuktur jembatan dan beton jalan.

“Insyallah tetap sesuai jadwal, sekarang sudah 70 persen progresnya. Sementara pekerjaan pancang jembatan dan lantai kerja jalanan untuk dibeton,” ucap Sulkarnain baru-baru ini.

Sulkarnain menuturkan, kondisi cuaca yang kerap hujan selama beberapa pekan ini menjadi penghambat proses pekerjaan struktur.

“Yah memang karena hujan jadi sedikit menghambat. Tetapi karena lantai kerja sudah rampung maka secepatya akan dilakukan pengecoran beton jalan dan pasang balok jembatannya. Kita upayakan tahun ini sudah rampung semua,” kata Ketua ISSI Sultra ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPR Kendari Abdul Malik mengatakan, pekerjaan inner ring road meliputi dua item yaitu pekerjaan jalan beton dan pekerjaan empat unit jembatan.

“Untuk jalannya minggu ini sudah masuk tahapan rigid beton, alatnya sudah ada di Kendari. Sedangkan untuk jembatan yang terletak di rujab Walikota sudah selesai pancangnya terpasang, setelah itu kita akan tes uji beban minggu ini sisa tunggu yang datang tes dari Makasar hari Rabu nanti,” kata Abdul Malik saat ditemui di Kantor Dinas PUPR Kendari, Selasa 30 Agustus 2022.

Kabid Bina Marga ini menjelaskan, pekerjaan jembatan menggunakan balok beton yang segera dikirim dari luar daerah. Balok beton itu akan dipasang setelah pekerjaan fondasi bawah jembatan selesai.

“Baloknya itu kita pesan dari PT. Wika. Saya dapat infonya sudah ada beberapa yang sudah dicetak. Abudmennya kan sisa dipasang karena pancangya sudah ada,” terangnya.

“Sekitar 1 bulan kita liat betonnya.
Mudah-mudahan bulan 9 ini bisa datang baloknya, saya sudah hubungi penyedianya kalau bisa balok yang sudah jadi dibawa saja paling tidak panjangnya 25 meter,” sambungnya.

Ia berharap pekerjaan ini bisa selesai tepat waktu. Kondisi cuaca yang tidak bisa diprediksi memang diakuinya menghambat pekerjaan di lapangan. “Kendala utama ini cuaca, seperti ini pancang harusnya minggu lalu selesai karena pengaruh cuaca molor lagi. Takutnya ada kena petir dan hujan karena pekerja tidak mau kerja, material timbunan tidak bisa masuk,” kata Malik.

Kendati begitu, Malik yakin pekerjaan ini bisa rampung secepatnya, asalkan cuaca berangsur membaik.

“Setiap hari saya cek di lokasi, sebentar saya rapat evaluasi progres memang betul-betul kita push. Insyallah bundaran juga minggu ini dikerja sisa tungu petugas tes PDA dari Makasar. Semoga jika cuaca mendukung, pastinya tahun ini jalan inner ring road sudah bisa dipakai masyarakat,” tutupnya.

 

Penulis: Burhanuddin
Editor: Ode

Abdul MalikKabid PUPRSulkarnain KadirTags : Inner ring road KendariWalikota Kendari