Cuaca Buruk, Kapal Tujuan Kendari-Waode Buri-Wanci Berhenti Beroperasi Sementara

Gambar tangkapan layar video dua kapal yang tengah dihantam ombak di laut banda. Foto : Istimewa

 

LENTERASULTRA.COM, KENDARI – Akibat cuaca buruk di sepanjang perairan laut banda bagian timur Sulawesi Tenggara, kapal tujuan rute Kendari-Waode Buri-Wanci dan sebalikanya akan berhenti beroperasi sementara waktu mulai besok Sabtu, 27 Agustus 2022.

Hal ini diungkapkan Kepala Terminal Pangkalan Perahu, La Ode Hayrudin setelah menerima konfirmasi dari Ketua Cabang PT Uki Raya Air pada Jumat malam.

“Tadi kami mendapat informasi dari Pak Herdianto, Kepala Cabang Uki Raya bahwa kapal Alsudais rute Kendari-Wanci dan kapal Napoleoen tujuan Wanci-Kendari sementara tidak beroperasi, mengingat terkait keselematan dan keamanan pelayaran,” kata Hayruddin saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

Hayruddin mengatakan telah mengimbau masyarakat dan nakhoda kapal agar tidak memaksakan diri untuk berlayar. “Kita sudah imbau masyarakat jangan paksakan diri berangkat begitupula nakhoda kapal,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hayruddin menjelaskan sebagai otoritas pelabuhan pihaknya selalu berkordinasi dengan BMKG Kendari untuk mengetahui kondisi cuaca.

“Kami selalu berkordinasi dengan BMKG untuk memerbaharui informasi bahkan sampai tujuh hari kedepan. Jadi info cuaca hari ini sampai minggu depan kami sudah tahu,” ucapnya.

Sebelumnya telah beredar video amatir berdurasi 22 detik menampilkan dua kapal milik PT Uki Raya yang tengah dihantam ombak laut cukup tinggi di perairam laut Banda yang berlayar dari Kendari-Wanci dan sebaliknya.

“Ia kapal itu milik PT Uki Raya Lines, yakni KM Simba 1 dari Kendari tujuan Waode Buri-Wanci, berangkat dari Kendari kamis 24 Agustus 2022,” tutupnya.

 

Penulis: Burhanuddin
Editor: Ode

Batal Berangkatcuaca burukKapal Uki RayaKapos Pangkalan Perahu KendariLa Ode Hayruddin