Hugua Minta Pemda Wakatobi Secepatnya Subsidi Operasional Wings Air

Hugua, Anggota Komisi II DPR RI. Foto : Burhan

LENTERASULTRA.COM, KENDARI – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Hugua meminta Pemda Wakatobi segera menyubsidi biaya operasional pesawat Wings Air rute Kendari-Wakatobi.

Pesawat Wigs Air sendiri sejak tanggal 8 Juli 2022 telah memberhentikan pelayanan penerbangan diakibatkan menurunnya angka penumpang. Hal ini disebabkan naiknya harga avtur sebagai bahan bakar pesawat.

Hugua yang juga Mantan Bupati Wakatobi ini mengatakan Pemkab semestinya mengalokasikan dana APBD untuk mensubsidi bahan bakar pesawat Wings Air tersebut.

“Jadi APBD arahkan untuk subsidi karena harga bahan bakar tengah naik kalau harga minyak naik pasti harga tiket mahal dari sebelumnya 600 ribu naik sampai 1 juta lebih. Dengan subsidi bisa menurunkan harga tiket maka secara otomatis akan beroperasi lagi,” kata Hugua saat ditemui di salah satu hotel di Kendari baru-baru ini.

Usulan ini nampaknya mengundang reaksi dari DPRD Wakatobi yang belum menerima langkah Bupati guna menyubsidi biaya avtur ini dengan dana APBD.

Hugua pun geram dengan sikap Dewan ini, menurutnya anggapan soal pengunaan APBD itu tidak mesti diperuntukan di sektor infrastruktur saja. Apalagi Wakatobi merupakan pilihan destinasi wisata yang telah mendunia.

“Begini loh APBD itu bukan untuk bangun gedung, jalan, atau jembatan. APBD itu harus bisa secara menyuluruh mencakup semua sektor. Ekonomi di wakatobi ini akan naik ketika peswaat bisa beroprasi karena dengan begitu orang-orang berduit akan datang investasi disana,” jelasnya.

“Sebaiknya Bupati dan anggota dewan sudahi saling gontok-gontokan dan secepatnya selesaikan masalah ini,” tukasnya.

Penulis: Burhanuddin
Editor: Ode

Anggota DPR RIDestinasi Wisata WakatobiHuguaSubsidi Wings AirWakatobi