Lebih Mudah, Pelayanan Pendidikan Dikbud Sultra Kini Terpusat

Gedung baru Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara. Kehadiran gedung ini sebagai pusat pelayanan pendidikan. Foto : Adhi

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Buah kinerja Asrun Lio sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara kini semakin nyata dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Teranyar ialah kehadiran gedung baru sebagai pusat pelayanan pendidikan.

Gedung baru tersebut dibangun dikomplek kantor Dikbud Sultra saat ini di Jl. Ahmad Yani, Kel. Bende, Kec. Kadia, Kota Kendari. Gedung itu
akan menjadi lokasi kantor terpusat untuk semua bidang pelayanan. Ini akan memudahkan masyarakat karena pelayanan bidang yang sebelumnya terpisah, kini disatukan pada gedung sentra pelayanan yang sama.

Asrun Lio, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara mengatakan semua pelayanan pendidikan lingkup SMA, SMK, dan SLB kini dapat diakses di gedung baru tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Asrun Lio. Foto: Istimewa

Dengan demikian, pelayanan urusan yang berkenaan dengan Kepala Dinas, Sekretaris, Bidang Perencanaan, Bidang SMA, Bidang SMK, Bidang Kebudayaan, hingga unit masing-masing menjadi terpusat disatu lokasi. Termasuk pula bidang seperti GTK, Balai Tekom, UPT dan SLB. “Sehingga semua pelayanan lebih terarah dalam satu lokasi,” katanya.

Asrun menerangkan, selama ini unit pelayanan tersebut terpencar di sejumlah tempat, salah satunya di Gedung Dikbud Sultra lama yang berada di bilangan Benubenua, Kec. Kendari. Barat, Kota Kendari. Itulah yang melatari inisiatifnya menghadap kepada Gubernur Sultra Ali Mazi dan mengutarakan rencananya agar dibangun gedung tambahan. Niat baik Asrun Lio itu diamini Gubernur sehingga pembangunan tambahan gedung baru bisa dimulai tahun 2020. Meskipun penganggarannya dilakukan bertahap.

Suasana sukuran peresmian gedung baru Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra. Foto : Istimewa

“Kita ingin menyatukan semua pelayanan di satu atap saja, sehingga tidak perlu lagi harus bolak balik dengan jarak cukup jauh,” katanya, belum lama ini.

“Gedungnya sudah selesai dan segera ditempati. Sebagai bentuk kesyukuran, kita suda lakukan doa bersama. Harapan kita bisa meningkatkan kinerja dalam mewujudkan penyelenggaran pendidikan yang dicita-citakan bersama,” sambungnya.

Lulusan S3 The Australian National University (ANU) Canberra ini melanjutkan, kehadiran gedung pelayanan terpadu tersebut menambah deretan target yang berhasil ditunaikan. Kini, upaya meningkatan kualitas pendidikan melalui pelayanan maksimal, mudah, dan cepat dapat direalisasikan. (Adv)

 

Asrun LioDinas Pendidikan dan Kebudayaan SultraGedung Baru DikbudKadis Dikbud Sultra