Vaksinasi Remaja di Bombana Naik Drastis

Kepala Badan Keuangan Daerah Bombana, Darwin Ismail (kiri) didampingi Kepala Dinas Kominfo Bombana, Sofyan Baco. Foto : Nuryadi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Program sepekan vaksinasi yang digelar Pemkab Bombana sangat bermanfaat untuk mengejar target vaksinasi covid-19. Capaian vaksinasi di daerah itu terus mengalami peningkatan. Salah satunya adalah kelompok remaja. Jumlah anak usia sekolah yang sudah divaksin di daerah itu mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

“Untuk penerima vaksin kelompok remaja capaiannya meningkat tajam. Dalam satu bulan antara November dan Desember, kenaikannya sampai 25 persen,” kata Darwin, Kepala Dinas Kesehatan Bombana saat ditemui usai mengikuti perayaan HUT Kabupaten Bombana, di kantor Bupati Bombana, Sabtu (18/12/2021).

Mantan Kepala Badan Keuangan Daerah Bombana ini mengatakan, sasaran vaksinasi Covid-19 untuk kelompok remaja di Wonua Bombana diberi target 15.597 orang. Awal November lalu, tepatnya 9 November, remaja yang menerima vaksin dosis satu sebanyak 8.194 atau 52,54 persen. Sementara untuk dosis dua yakni 4.858 atau 31,15 persen.

Setelah satu bulan berjalan, yakni 9 Desember 2021, capaian vaksinasi naik menjadi 25 persen.Kelompok remaja penerima vaksin dosis satu sebanyak 12.051 atau 77,26 persen. Sementara remaja penerima dosis dua 7.128 atau 45,70 persen. “Perbandingan data ini, mulai 9 November dan 9 Desember. Jumlah ini terus mengalami perubahan setiap harinya, karena di lapangan tenaga kesehatan di semua puskesmas belum berhenti melakukan vaksinasi,” sambungnya.

Darwin mengatakan, peningkatan capaian vaksinasi kelompok remaja berusia 12-17 tahun terjadi  setelah dilaksanakannya program sepekan vaksin di wilayah Bombana. Tim dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas, hampir setiap hari diturunkan ke sekolah-sekolah tingkat lanjutan pertama dan lanjutan atas. “Alhamdulillah hasilnya terjadi perubahan yang sangat signifikan,” katanya.

Darwin mengatakan, penambahan jumlah peserta vaksinasi kelompok remaja ini juga tidak lepas dari peran dan dukungan berbagai pihak, seperti orang tua siswa, guru, puskesmas, TNI, dan Polri. Oleh sebab itu, Darwin meminta dukungan semua pihak untuk terus mendukung pelaksanaan vaksinasi baik kepada remaja maupun semua lapisan masyarakat,demi memutus penyebaran Covid-19.

Hingga saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana sambung Darwin masih terus melakukan vaksinasi dengan membuka gerai-gerai vaksin di tempat-tempat umum. Olehnya itu, kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan penduduk di Kabupaten Bombana yang mengetahui keluarganya belum mendapatkan vaksinasi covid-19, agar diarahkan ke gerai-gerai vaksin atau menghubungi petugas puskesmas di tempat tinggalnya untuk mendapatkan vaksinasi baik dosis satu maupun dua.

Penulis : Nuryadi

Editor : Nuryadi

Bombanacapaian vaksinasidinkesSultraVaksinasi Covid-19Vaksinasi remaja naik drastis