UMKM Indonesia Ekspor 20 Kontainer Damar Batu dan Lidi Sawit ke Asia Selatan

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Dua pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia yakni CV Miracle Agro Spices dan CV Masagenah Group mulai mengekspor produk Damar Batu dan Lidi Sawit ke pasar Asia Selatan, yakni India dan Pakistan.

Pelepasan ekspor kedua komoditas tersebut dilangsungkan di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (8/10/2021). Kedua UMKM ini merupakan peserta program ‘Export Coaching Program’ (ECP).

Komoditas-komoditas ini diekspor ke India dan Pakistan yang merupakan negara tujuan ekspor nontradisional di kawasan Asia Selatan.

“Jumlah UMKM peserta Export Coaching Program Kemendag yang berhasil ekspor kian bertambah. Pelaku usaha yang menjadi peserta pendampingan telah mampu merambah beberapa pasar ekspor nontradisonal dengan produk yang beraneka ragam,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi, dikutip dari asiatoday.id.

Komoditas damar batu diekspor oleh CV Miracle Agro Spices asal Sidoarjo, Jawa Timur.

Damar batu produksi UKM ini berhasil diekspor ke India dengan nilai USD56,7 ribu dan volume 20 kontainer 20 feet. Jika memperhitungkan pengiriman sampai dengan November 2021 mendatang, maka total transaksi ekspor yang akan didapatkan CV Miracle Agro Spices akan mencapai USD113,5ribu.

CV MiracleAgro Spices merupakan peserta ECP 2021 untuk wilayah Jawa Timur. ECP di Jawa Timur merupakan kerja sama PPEI Kemendagdengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu, CV Masagenah Group asal Samarinda, Kalimantan Timur berhasil mengekspor perdana produk lidi sawit ke Pakistan sebanyak 1 kontainer 40 feet dengan total nilai ekspor USD 9,2ribu.

CV Masagenah Group merupakan peserta ECP di Kalimantan Timur. ECP di Kalimantan Timur merupakan hasil kerja sama Kemendag dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur. (ATN)

ekspor indonesiaKota KendariSultraUMKM Indonesia Ekspor 20 Kontainer Damar Batu dan Lidi Sawit ke Asia Selatan