Tenggelam, TKA Asal Tiongkok Ditemukan Meninggal di Menui

Evakuasi jenazah TKA yang hilang di Sungai Sampara. Ist.

KENDARI, LENTERSULTRA.COM – Setelah enam hari dilakukan pencarian, seorang Tenaga Kerja Asing (TKA) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada (13/06/2021) di wilayah Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.  TKA bernama Chang Yang (30) asal Tiongkok ini dilaporkan hilang tenggelam di Sungai Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara pada (07/06/2021)

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi mengungkapkan, bahwa sebelum korban ditemukan pihaknya mendapat informasi dari seorang nelayan bernama Polo pada pukul 13.40. Ia melaporkan bahwa telah menemukan jenazah terapung di sekitar Pulau Samarengga, Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, mirip dengan ciri-ciri TKA yang dilaporkan hilang tersebut.

“Berdasarkan informasi tersebut, Tim SAR gabungan yang terdiri dari enam orang rescuer Basarnas Kendari, satu orang Pol Airud Molawe, satu orang Pos AL Molawe, satu orang Divisi Keamanan PT Virtue Dragon dan satu orang pihak perusahaan dari PT Dras berangkat menuju Pulau Samarengga dengan menggunakan RIB Basarnas Kendari,” terang Aris Sofingi.

Kemudian pada pukul 19.10 wita, Tim SAR gabungan tiba di Pulau Samarengga. Dikarenakan kondisi cuaca dan keterbatasan penerangan, tim sar gabungan memutuskan untuk mengevakuasi korban menuju Konawe pada pagi hari di kesempatan pertama.

“Ketika kondisi cuaca di lapangan sudah mendukung maka segera dilakukan proses evakuasi menuju konawe, kemudian pada pukul 00.15 Wita diputuskan untuk mengevakuasi korban dari Pulau Samarengga menuju Dermaga Jety morosi dan tiba pada pukul 02.35 Wita,” ungkapnya.

Selanjutnya korban dibawa menuju Rumah Sakit Bahteramas degnan menggunakan ambulance milik Basarnas Kendari. (C)

Reporter: Sri Ariani

Editor: Wulan

SultraTKA Asal Tiongkok Ditemukan Meninggal Dunia di Menuitka hilang