Giliran Personil Polisi di Bombana Jalani Test Swab Massal

Petugas dari Dinas Kesehatan Bombana melakukan pendataan terhadap anggota Polres Bombana yang akan mengikuti test swab. Foto- Istimewa

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Kepolisian Resort Bombana, Polda Sulawesi Tenggara menggelar test swab massal terhadap personilnya. Pengambilan PCR  swab  menggunakan sampel lendir dari dalam hidung maupun tenggorokan ini, dilakukan guna memastikan aparat polisi yang bertugas bebas Covid-19.

Test swab massal ini, diikuti 120-an polisi dan 5 keluarga polisi. Swab dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya penyebaran virus Corona di lingkungan Polres Bombana. Sebab, hingga akhir November ini, tercatat sudah 13 personil Polres Bombana yang terkonfirmasi positif Covid-19. Test swab massal Personil Polres Bombana dilaksanakan di Mapolres setempat, Senin, 30 November 2020.

Wakapolres Bombana, Komisaris Polisi Nuzul Sekendar, SH membenarkan bila sebagian personilnya mengikuti test swab massal. Dari uji sampel PCR ini, ditemukan sejumlah polisi yang positif Covid-19. “Sudah dilakukan swab, hasilnya ada anggota yang positif,” kata Nuzul saat ditemui mendampingi tim Mabes Polri dalam rangka asistensi di Mal Pelayanan Publik (MPP) Bombana, Rabu (16/12/2020).

Ditanya berapa jumlah personilnya yang positif Covid-19, Nuzul tidak mengetahui pasti, yang jelas, polisi yang terkonfirmasi positif sudah melakukan isolasi mandiri di rumah maupun di rumah susun, tempat isolasi pasien Covid-19, Bombana. Bahkan sebagian besar anggotanya itu, sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Test swab massal dilaksanakan tenaga kesehatan dari bidang pencegahan dan pengendalian penyakit, Dinas Kesehatan Bombana. Satu persatu polisi di Polres setempat, antri menunggu giliran untuk mengikuti test swab massal. Kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Bombana, Andi Ira Anggraeny Rahman, SKM.,M.Kes mengatakan, test swab PCR yang dilakukan, merupakan tindak lanjut dari temuan Covid-19 dari klaster tenaga kesehatan dan Polisi. Andi Ira berharap, test swab PCR dari klaster polisi ini merupakan yang terakhir.

Kasubag Humas Polres Bombana IPDA Tujianto mengatakan, selain personil polisi yang diwajibkan ikut swab test, keluarga anggota dan sejumlah tahanan juga ikut ambil bagian dalam swab massal. Khusus polisi tercatat 120 orang, keluarga anggota 5 orang dan tahanan 9 orang. (Ads/Adhi)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

 

Personil polres Bombana test swab massal