Gedung Covid Center RSUD Kota Kendari, Mudahkan Masyarakat Akses Pelayanan Covid-19

Peninjauan fasilitas gedung infection center Rumah Sakit Umum Kota Kendari oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain K. Foto: Ilma. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Gedung Infection Center atau Covid Center Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari kini dapat difungsikan mulai difungsikan Selasa (1/12/2020. Hadirnya rumah sakit ini dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses pelayanan penyakit infeksi khususnya Covid-19.

“Gedung ini memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses pelayanan penyakit infeksi khususnya Covid-19,” ujar Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir ujar meresmiskan secara langsung.

Ia mengatakan, gedung infection center RSUD Kota Kendari dibangun menggunakan APBD atau Dana Insentif Daerah (DID) melalui mekanisme Belanja Tidak Tetap (BTT) Tahun 2020, yang berfungsi sebagai pelayanan penanganan penyakit infeksi yang terpusat satu area.

“Kemarin kan pelayanannya terpecah-pecah di berbagai ruangan, sehingga potensi untuk terjadinya kontaminasi dengan pasien lain itu masih ada walaupun kecil, tapi dengan kita pusatkan sekarang di satu tempat seperti ini, insyaallah potensinya akan semakin kecil, bahkan bisa kita katakan sudah tidak ada potensi untuk terkontaminasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum P, M.Kes juga mengatakan, bahwa pembangunan gedung infection center RSUD sudah disesuaikan dengan permenkes no. 24 tahun 2016 tentang persyaratan teknis bangunan dan prasarana rumah sakit.

“Dengan hadirnya gedung ini, apalagi d itengah pandemi Covid-19, diharapkan dapat semakin meningkatkan mutu pelayanan terkhusus pada masa pandemi ini,” lanjut Rahminingrum.

Sementara itu, Kepala Bidang Keperawatan RSUD Kota Kendari, Syarif B mengatakan, gedung infection center merupakan keinginan jajaran petugas kesehatan yang ada di Kota Kendari.

“Ini menjadi keinginan jajaran segenap petugas kesehatan Kota Kendari, untuk penanganan Covid-19, karena selama ini ruangan yang aman dan nyaman yang disiapkan selama ini terbatas,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Gedung Infection Center RSUD Kota Kendari ini terdiri IGD, laboratorium, OK mini, dan ruang perawatan 40 bed, ICU 6 Bed. Masing-masing kamar dilengkapi dengan AC, oksigen sentral, hepa filter, exhousefan, kamar mandi, ruang terbuka, pemulasaran jenazah, dan akses wifi. (Ads/Ilma)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Gedung Covid Center RSUD Kota KendariKota KendariMudahkan Masyarakat Akses Pelayanan Covid-19Sultra