Sektor Pertanian Konsel Tetap Eksis Ditengah Pandemi

Padi sawah yang dikembangkan di Konawe Selatan. Ist.

KONSEL, LENTERASULTRA.COM – Di tengah pandemi Covid-19, petani padi di wilayah Kabupaten Konawe Selatan, masih tetap bertahan. Hingga November 2020, petani mengaku masih bisa memproduksi padi dengan dua kali musim tanam. Bislan, petani asal Kecamatan Tanea, Konsel, menuturkan, saat ini produktivitas pertanian di wilayah mereka masih tetap berjalan. Menurutnya saat ini masyarakat di Konsel lebih banyak memproduksi padi sawah.

“Sampai saat ini di tempat kami pertanian masih terus berjalan. Belum ada pengaruh soal Covid-19 ke petani sawah. Bahkan kami merasa lebih banyak penghasilan saat ini. Karena yang mengkonsumsi beras petani saat ini lebih banyak masyarakat lokal ketimbang masyarakat luar,” katanya.

Menurutnya, untuk saat ini sudah banyak petani yang memasuki masa panen kedua. Bahkan sudah ada yang memasuki masa tanam selanjutnya lagi.

Meski sektor pertanian padi tidak berdampak wabah Covid-19. Namun di sektor komoditas perkebunan sudah banyak petani yang mulai mengeluh karena penurunan harga.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan,  Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe Selatan, Hidayatullah mengungkapkan, sejak Januari hingga November 2020, belum ada dampak signifikan dari produksi pertanian padi yang terimbas isu Covid-19.

“Untuk sektor pertanian kita masih stabil dan tetap berjalan. Belum ada kendala sampai saat ini, tapi kami tetap mengimbau saat melakukan aktivitas petani tetap ikuti anjuran pemerintah,” tegasnya.

Petani diminta, selalu memakai masker dan setelah beraktivitas perbanyak mencuci tangan dengan sabun. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Ads/ Sri Ariani)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Kota KendariSektor Pertanian Konsel Tetap Eksis Ditengah PandemiSultra