Bahasa Tolaki Dipilih untuk Presentase Krida Pemilihan Duta Bahasa Nasional

Duta Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara 2020, Rajab dan Sri Asmini Krisin Hartom. Foto: Ilma.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Sebagai bahasa daerah paling mendominasi di Sulawesi Tenggara, Bahasa Daerah Tolaki dipilih untuk presentasi krida, pada Pemilihan Duta Bahasa Nasional pada tanggal 19-24 Oktober nanti.

Sulawesi Tenggara memiliki 10 bahasa asli, salah satunya adalah Bahasa Tolaki, yang menjadi bahasa dearah mayoritas dari bahasa-bahasa daerah lain. Hal inilah yang menjadi alasan Bahasa Tolaki dipilih untuk ditampilkan pada pemilihan Duta Bahasa Provinsi Sultra tahun 2020.

“Boleh diketahui, bahasa asli di Sultra ada 10, yang dibagi menjadi dua seperumpun, yaitu Muna-Buton dan Buton-Tolaki. Kenapa kemudian kami memilih bahasa Tolaki, karena bahasa Tolaki merupakan bahasa mayoritas di Sultra, khususnya di Kendari, Konawe Selatan, Konawe, Kolaka dan Kolaka Utara”, ujar Duta Bahasa Provinsi Sultra tahun 2020, Rajab.

Faktor lainnya adalah kemunduran penggunaan bahasa daerah pada generasi muda. Parameter dari kemunduran tersebut dapat dilihat dari kurangnya intensitas penggunaan Bahasa Tolaki, baik itu pada ranah keluarga, pendidikan, sosial maupun budaya.

“Kalau mau dibilang penuturnya memang masih banyak, tapi itu di atas umur 30-an, kalau di bawah umur 30 tahun sudah mulai ditinggalkan”, ujar Duta Bahasa lainnya, Sri Asmini Krisin Hartom. (B)

Reporter: Ilma

Editor: Wulan

Bahasa Tolaki Dipilih untuk Presentase Krida Pemilihan Duta Bahasa NasionalSultratolaki