Ini Vaksin Terbaik Cegah Laju Penyebaran Covid-19

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, Doni Monardo. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah pusat untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Namun sampai saat ini, langkah tersebut belum membuahkan hasil dan penambahan kasus positif terus terjadi. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir ledakan jumlah pasien terkonfirmasi positif setiap harinya adalah dengan mengikuti aturan protokol kesehatan.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, Doni Monardo, dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 Provinsi Gorontalo mengatakan, saat ini pemerintah pusat terus berupaya untuk menemukan vaksin Covid-19 di Indonesia. Namun, sebelum vaksin tersebut ditemukan, seluruh masyarakat diharapkan dapat melakukan pencegahan diri melalui perubahan perilaku dan menegakkan penerapan protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan.

“Selama belum ada vaksin maupun obat, mematuhi protokol kesehatan adalah vaksin terbaik sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19,” tegas Doni Monardo di Kediaman Dinas Gubernur Provinsi Gorontalo, pada Rabu (07/10/2020).

Upaya pencegahan dengan penerapan protokol kesehatan tersebut tentunya tidak menjadi imbauan pemerintah saja. Ia berharap berbagai elemen masyarakat  mengambil peran penting dan melibatkan diri untuk mensosialisasikan penyebab, dampak dan pencegahan virus itu.

“Kita gunakan media-media yang ramah digunakan oleh masyarakat, misalnya sosialisasi melalui media sosial, televisi, pemberitaan media online, penggunaan poster, dan sebagainya sesuai dengan bahasa lokal yang mampu dipahami oleh masyarakat setempat,” ujarnya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini yakin, bahwa peran tokoh masyarakat dapat lebih didengar dan diterima dengan baik oleh masyarakat di daerah setempat. Sebab mereka biasa menggunakan kearifan lokal untuk memberi pemahaman kepada masyarakat yang mengabaikan aturan prokes Covid-19.

“Penguatan literasi masyarakat tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja. Pemerintah pusat maupun daerah serta masyarakat tidak bisa bergerak sendiri-sendiri, kita harus bergerak bersama-sama dengan tokoh-tokoh masyarakat yang dipercaya dan dihargai oleh masyarakat setempat sehingga pemahaman tentang penerapan protokol kesehatan dapat diterima dengan baik,” tutupnya. (Ads/Herlis Omputo Sangia)

#SiapUntukSelamat
#BudayaSadarBencana
#BersatuLawanCovid19
#CuciTangan
#JagaJarak
#MaskerUntukSemua
#TidakMudik
#DiRumahAja

Ini Vaksin Terbaik Cegah Laju Penyebaran Covid-19Kota KendariSultra