Tak Ingin Terpapar Covid-19 “Mak-Mak” di Pasar Wolasi Hindari “Cipika-Cipiki”

Suasana Pasar Wolasi, Konawe Selatan. Foto: Ist.

KONSEL, LENTERASULTRA.COM – Kepedulian masyarakat untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19 mulai dilakukan secara sadar diri oleh sekelompok “mak-mak”. Mereka melakukan transaksi jual beli di pasar Wolasi, Desa Aoma, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan, Sabtu (3/10/2020), dengan menggunakan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Saat reporter Lenterasultra berkunjung di pasar Wolasi, suasana begitu ramai, sebab tawar-menawar yang dilakukan oleh para pembeli dan pedagang tak terhindarkan. Baik pedagang ikan, sayur, buah dan sejumlah pedagang lainnya. Mereka juga tampak menggunakan masker saat memasuki pasar tersebut.

Salah seorang pembeli, Ririn, setiap harinya membeli kebutuhan hidup di pasar tersebut. Sebelum pandemi, ia mengatakan bahwa kondisi warga, pembeli dan pedagang begitu akrab sebab dapat bersentuhan langsung dan saling berpelukan sama kerabat yang dikenal. Namun, semenjak dilakukan imbauan oleh pemerintah untuk menjaga jarak aktifitas tersebut mulai hilang sebab masing-masing orang mulai menjaga diri.

“Kita tahu sendiri kalau perempuan yang belanja. Banyak singah-singgahnya kita dulu, biasanya cerita-cerita sebentar sambil baku peluk sama teman. Tapi sekarang, keluarga saja mulai kita jaga betul kalau keluar rumah apalagi orang-orang di pasar ini. Tidak ada lagi cipika cipiki itu. Banyak corona,” kata Ririn sambil bercanda.

Sementara itu, seorang pedagang ikan, Rahman menuturkan, dirinya sedikit sesaf nafas saat mengerjakan ikan yang dipesan oleh pembeli. Terkadang, ia membuka masker beberapa detik untuk mengambil udara segar dan melanjutkan kembali pekerjaanya. Namun, disela-sela kekosongan pekerjaan, Rahman tetap memakai masker, menjaga jarak dan bercerita dari jarak jauh saja dengan rekannya.

“Sesak nafas juga. Tapi sudah imbauan pemerintah agar tidak terserang viru corona. Nanti saat makan, minum dan merokok saja baru saya buka masker,” pungkasnya.

Untuk diketahui, walaupun tidak semua tempat di pasar Wolasi itu terdapat tempat pencuci tangan namun kebanyakan pengunjung membawa handsanitezer, menjaga jarak dengan yang lain bahkan tetap memakai masker demi mencegah virus Covid-19. (Ads/Ilma)

*
#cucitanganpakaisabun#cucitangan #ingatpesanibu
#ingatpesanibu #cucitangan #ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibupakaimasker #jagajarakhindarikerumunan
#jagajarak#pakaimasker #satgascovi-19

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menajaga jarak. *

Kota KendariSultraTak Ingin Terpapar Covid-19 “Mak-Mak” di Pasar Wolasi Hindari “Cipika-Cipiki”