Toko Macxell Diizinkan Beroperasi untuk Pulihkan Ekonomi?

 

Toko Maxcell Depo dan Teknik Bangunan. Foto: Istimewa. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Setelah diketahui terdapat salah satu karyawan yang positif terpapar Covid-19, tetap beroperasi seperti biasa. Toko tersebut diketahui hanya tutup pada tanggal 17, 19 dan 20 Agustus. Penutupan yang bertepatan hari libur ini pun diungkapkan salah satu security karena sedang ada penataan barang yang baru masuk.

Toko tersebut pada Jumat (21/08/2020) sudah beroperasi kembali, melakukan aktivitas jual beli. Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Drg. Rahminingrum Pujirahayu mengaku mengizinkan karena semua yang kontak erat telah dilakukan swab dan hasilnya negatif.

“Kalau saya tidak masalah. Memang ada yang positif tapi kan kontak eratnya sudah di rapid, dilakukan swab dan hasilnya negatif. Artinya untuk lingkungan di situ sudah aman, lagi pula pemerintah juga mendorong untuk pemulihan ekonomi,” tuturnya dalam sambungan telpon, Sabtu (22/08/2020).

Meski demikian, Rahminingrum menegaskan agar pihak Toko Maxcell tetap memberlakukan protokol kesehatan Covid-19, untuk mengantisipasi adanya penyebaran baru ataupun terjadinya kasus sama yang menimpa karyawan lainnya.

Menurutnya, penutupan toko tidak mesti 10-14 hari. Hal tersebut merupakan kebijakan masing-masing owner. Namun tetap mengacu pada prokes yang berlaku yakni adanya tempat cuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak antar sesama. Jika prokes terabaikan dan terjadi kembali kasus yang sama, maka akan diberi tindakan tegas. (B)

Reporter: Herlis Omputo Sangia

Editor: Wulan

Kota KendariSultraToko Macxell Diizinkan Beroperasi untuk Pulihkan Ekonomi?