Satgas Covid-19 PCNU Konawe Bagikan APD di Puskesmas

 

Rais Syuriyah PCNU Konawe KH. Ahmad Lita (baju putih) saat menyerahkan bantuan APD kepada Puskesmas Kecamatan Sampara yang diterima Kepala Puskesmas Hj. Suriani. SKM, M.Kes —dok PCNU Konawe–
KONAWE, LENTERASULTRA.COM
Satgas Covid-19 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Konawe membagikan seratusan alat pelindung diri (APD) kepada sejumlah Puskesmas di wilayah tersebut. APD di khususkan bagi tenaga medis  berupa baju hazmat dan masker.
Penyerahan APD ke Puskesmas seperti disampaikan Rais Syuriyah PCNU Konawe KH. Ahmad Lita dimaksudkan untuk membantu memenuhi kebutuhan APD bagi tenaga medis yang bertugas di garda terdepan penanganan Covid-19.
“Sampai saat ini masalah APD masih menjadi keluhan bagi tenaga medis yang bertugas di Puskesmas. Apa yang kami berikan ini setidaknya dapat membantu memenuhi kebutuhan APD di Puskesmas,”ujar Ahmad Lita yang juga Kakan Kemenag Konawe saat menyerahkan APD di Puskesmas Kecamatan Sampara, Selasa (28/04/2020).
Menurutnya, bantuan APD tersebut sebagai tahap awal dan dikhususkan di Puskesmas poros Kendari-Kolaka  seperti Puskesmas Anggalomoare, Sampara, Pondidaha, Wanggeduku, Wawotobi dan Unaaha. Baik baju hazmat maupun masker merupakan bantuan dari Satgas Covid-19 PBNU serta donasi dari masyarakat, khususnya warga NU di wilayah Kabupate Konawe.
Langkah Satgas Covid-19 PCNU Konawe mendapat apresiasi positif dari Kepala Puskesmas Sampara  Hj. Suriani,. S.Km, M.Kes. Pihaknya menyampaikan terima kasih atas bantuan dari PCNU Konawe berupa APD yang sangat dibutuhkan bagi dokter dan tenaga medis.
“Ini sangat membantu bagi para dokter dan tenaga medis dalam menangani pasien yang akan berobat dipuskesmas ini,”ujar Hj Suriani.
Ketua Tanfidziah PCNU Konawe Malik Fanani mengungkapkan, bantuan APD kepada Puskesmas di Kabupaten Konawe merupakan kegiatan lanjutan dari Satgas Covid-19 dibawa kendali Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBPI) PCNU Konawe.
“Sebelumnya  telah dilakukan penyemprotan disinfectan di sejumlah tempat ibadah, sekolah umum, madrasah dan pondok pesantren. Tidak ketinggalan rumah ibadah gereja dan Pura.  Selain itu tim Satgas  telah memyalurkan bantuan sembako, hand sanitizer serta4.000 Masker,”ujar Malik Fanani.
Pihaknya, kata dia masih tetap membuka kesempatan kepada semua pihak untuk ikut serta membantu penanggulangan Covid-19 baik berupa barang maupun uang yang disalurkan di Lembaga Amil Zakat dan sadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu).
Penulis: M.Lukman
PCNU Konawe