Empat Tahun Buka, Program Studi Bioteknologi UHO Kantongi Akreditasi B

 

Ketua Prodi Bioteknologi UHO, Dr. Sri Ambardini, S.Si., M.Si. Foto: Asrul.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Baru empat tahun dibuka, Program Studi (Prodi) Bioteknologi Fakultas MIPA UHO kini sudah mengantongi akreditasi B, dari BAN-PT. Seperti diungkapkan Ketua Prodi Bioteknologi UHO, Dr. Sri Ambardini, S.Si., M.Si., Bioteknologi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari cara memanfaatkan mahluk hidup, baik itu mikroorganisme maupun tumbuhan untuk menghasilkan barang maupun jasa yang bermanfaat bagi manusia.

“Alhamdulillah kita sudah di penilaian akreditasi pertama dan kita mendapat nilai maksimal untuk akreditasi Prodi baru yaitu nilai B,” jelasnya.

Ia mengatakan, Prodi Bioteknologi dibuka pada tahun 2016 lalu. Prodi ini hadir untuk menjawab tantangan masa kini, karena segala proses menggunakan teknologi, dan teknologi di Indonesia saat ini semakin berkembang pesat.

“Kalau Bioteknologi yang ada di UHO kita mengembangkan fokus utama sebenarnya kita mengarah ke kemaritiman sesuai dengan geografis kita, tetapi disamping itu kita juga tetap mengacu ke dasar Biotek yaitu bagaimana merekayasa sumberdaya alam yang kita punya untuk lebih bermanfaat,” ungkapnya.

Prodi Bioteknologi memiliki lima Konsentrasi Bidang Keahlian (KBK), yaitu Bioteknologi Kelautan dan Aquakultur, Bioprospek dan Bioindustri, Bioteknologi Reproduksi dan Rekayasa, Biokimia dan Biologi Molekuler, serta Bioteknologi Konservasi.

“kita ada beberapa KBK yang ditunjang dengan dosen-dosen yang handal di bidangnya masing-masing,” katanya.

Fasilitas yang ada di Prodi Bioteknologi diakuinya sangat memadai untuk menunjang proses belajar mengajar baik dari segi ruang PBM maupun Laboratorium.

Jumlah tenaga pengajar pada Prodi Bioteknologi saat ini dalam rasio ideal, dimana rasio untuk sains idealnya adalah 120. Tenaga poengajar tidak hanya dari dosen internal dari Biotek, tetapi juga dosen-dosen dari fakultas Peternakan, Perikanan, Pertanian dan Teknologi Pangan

Periode Juli – Oktober 2019, Prodi Bioteknologi telah meluluskan 10 mahasiswa dan 3 diantaranya menjadi lulusan terbaik tingkat Program Studi dan 1 diantaranya menjadi lulusan terbaik UHO.

“Kita sudah meluluskan 10 mahasiswa yang sudah menjadi alumni, yang alhamdulillahnya bahwa salah satu diantara lulusan kita itu menjadi lulusan terbaik tingkat universitas,” pungkasnya. (B/P2)

Editor: Wuu

Kota KendariSulawesi TenggaraUHO