Meriahkan HUT ke-60 melalui Muna Tenun Karnaval

 

Plt Kadis Pariwisata Muna, Amiruddin Ako. Foto: Kinong.

MUNA, LENTERASULTRA.COM – HUT Kabupaten Muna ke-60 jatuh pada 4 Juli. Serangkaian kegiatan mulai dipersiapkan untuk memeriahkan hari jadi Bumi Sowite itu. Salah satunya Muna Tenun Karnaval.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Muna, Amiruddin Ako menerangkan, kegiatan ini akan dilaksanakan pada Sabtu (6/7/2019). Pesertanya terdiri atas seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi vertikal, BUMN, BUMD, kecamatan, paguyuban dan komunitas. Untuk OPD, vertikal, BUMN, BUMD minimal pesertanya 15 orang, kecamatan, paguyuban dan komunitas minimal 40 orang.

“Yang akan dinilai itu, pakaian tenunan dan kerapiam barisan,” kata Amirudin.

Untuk rute karnaval dimulai dari tugu jati By Pass melewati panggung kehormatan Rujab Galampa Kantolalo, Jalan R.A Kartini, Jenderal Sudirman dan finish di rumah adat By Pass.

“Rencananya akan disaksikan langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi,” ungkapnya.

Mantan Kabag Humas Muna ini menjelaskan, tujuan karnaval tenun untuk mempromosikan corak dan warna alami hasil kerajinan tangan masyarakat. Soal motif dan bahan dasar, tenun Muna tidak diragukan lagi. Karena sudah tembus hingga ke tingkat nasional.

“Tenun Muna dibawah bimbingan Ketua Dekranasda, Yanti Setiawati Rusman sudah sering tampil diajang lomba fashion show tingkat nasional,” tukasnya.

Reporter: Kinong

Editor: Wuu