Kolaborasi Rusman-Ridwan Berhasil Dapat Dana Rp 7,5 M Untuk Pembangunan Embung

Camat Loghia, Hajar Sosi meninjau pembukaan lahan di lokasi pembangunan Embung. (KINONG/LENTERASULTRA.COM)

MUNA, LENTERASULTRA.COM – Bupati Muna, LM Rusman Emba terus fokus melakukan pembangunan di daerahnya. Berkat kolaborasinya bersama anggota DPR-RI yang juga mantan Bupati Muna dua periode, Ridwan Bae, pemerintah pusat menggelontorkan dana sebesar Rp 7,5 M untuk pembangunan embung di Desa Waara, Kecamatan Loghia.

Kata Camat Loghia, Hajar Sosi saat ini proses pembangunan embung telah memasuki tahap pembersihan lahan. Luas lahan yang disiapkan 2 hektar yang selama ini dilewati air kala hujan turun.

“Untuk peletakan batu pertama akan dilakukan bupati,” kata Hajar.

Menurutnya, kegiatan tersebut melalui Balai Perairan Wilayah IV Sulawesi menggunakan dana APBN yang akan dilaksanakan oleh PT Wakila. Modelnya, di dasar embung dipasangi karpet sehinga air tidak mudah terserap tanah. Artinya air yang ada didalamnya tidak akan kering.

Embung nantinya selain sebagai pengairan, juga akan  disharing pemerintah desa melalui Dana Desa (DD) untuk dijadikan lokasi  pemancingan ikan. “Selain itu, lahan-lahan disekitar akan ditanami buah naga dan mangga sebagai destinasi argo wisata,” ungkapnya.

Bupati Muna dan Ridwan Bae, tambah dia sangat membantu program-program pembangunan di wilayahnya. Dalam waktu dekat akan ada lagi kegiatan perbaikan rumah masyarakat (aladin) sebanyak 20 unit perdesa se Kecamatan Loghia.

“Mewakili masyarakat kami sangat berterima kasih pada pak bupati dan pak Ridwan. Semoga kerja sama antara keduanya terus berkesinambungan, sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Reporter: Kinong
Editor: Restu Fadilah