Cegah Kecelakaan Pesawat, Pilot dan Kru Maskapai di Bandara Halu Oleo Jalani Tes Urine

Suasana saat Pilot dan Kru maskapai penerbangan di Bandara Halu Oleo jalani tes urine menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah. (NANAN/LENTERASULTRA.COM)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Menyambut libur lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, tim gabungan BNNP dan Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan tes urine kepada sejumlah pilot dan kru maskapai Bandara Halu Oleo, Rabu, (29/5/2019).

Tes urine yang dilakukan ini, sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan terhadap pesawat yang akan membawa penumpang di musim lebaran ini. Sehingga, masyarakat merasa aman dalam penerbangannya.

“Kami ingin memastikan bahwa tidak ada kru maskapai penerbangan yang menggunakan narkotika,” tutur Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sultra, Harmawati.

Kata Harmawati, ini merupakan agenda rutin menjelang Idul Fitri. Adapun tes urine sudah berlangsung sejak pukul 07.00 WITA. Setidaknya ada sejumlah kru dan pilot dari enam maskapai penerbangan yang menjalani tes urine tadi pagi, tiga diantaranya maskapai Garuda Indonesia dan tiga Maskapai Lion Air.

“Hasilnya, alhamdulillah belum ada ditemukan yang positif (menggunakan narkotika). Kalau ada positif, kita langsung assessment, kalau ada barang bukti kita langsung sidik,” tandasnya.

Reporter: Nanan
Editor: Restu Fadilah
Idul Fitri 1440 HijriahLebaran 2019Tes urine