21 Pengurus Forum UMK-IMK Sultra Periode 2019-2024 Resmi Dikukuhkan

Suasana Pengukuhan Pengurus Forum UKM-IKM Sultra Periode 2019-2024 oleh Asisten II Bidang Ekonomi Provinsi Sulawesi Tenggara, Nur Endang Abbas di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra. (PEBRIANTO/LENTERASULTRA)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Asisten II Bidang Ekonomi Provinsi Sulawesi Tenggara, Nur Endang Abbas mengukuhan 21 pengurus forum UKM-IKM Sultra periode 2019-2024 di Gedung Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Rabu, (23/1/2019). Tema yang diusung kali ini adalah “Bersama Forum UKM-IMK Sultra menuju sukses Garbarata dan Go Online.

Ketua UKM Provinsi Sultra Abdul Hakim mengatakan forum ini terbentuk beberapa bulan lalu yang dimotori oleh dukungan dari Disperindag Sultra dan Dinas UKM Sultra serta teman-teman pengusaha dalam rangka menjembatani teman-teman antara pelaku usaha dan pemerintah maupun perbankkan.

“Dengan terbentuknya forum ini, kami sebagai pengurus terpilih akan menjembatani dengan Pemerintah  daerah dan perbankkan bagaimana mendapat akses permodalan,” ungkap Abdul Hakim.

Gubernur Sultra dalam sambutannya yang dikutip oleh Asisten II Provisinsi Sultra, Nur Endang Abas Harapan saya adalah dengan adanya pengukuhan pengurus forum UMK-IMK di Provinsi Sultra ini, dapat lebih berkembang dan maju, sehingga dapat disejajarkan UKM-IKM di kota-kota besar di Indonesia.

“Pengembangan ekonomi dewasa ini telah menjadi salah satu fokus perhatian kita bersama baik Pemerintah Provinsi maupun pusat,” tegasnya.

Lanjut dia, sehingga mendorong kami selaku pimpinan daerah Sultra, mengusung visi pembangunan Sultra lima tahun ke depan sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD Sultra yaitu terwujudnya sultra yang aman, sejahtera dan bermartabat.

“Khusus dalam pengembangan ekonomi, dijabarkan dalam salah satu misi utama, yakni memajukan daya saing wilayah melalui penguatan ekonomi lokal dan peningkatan investasi, yang diupayakan melalui strategi pendekatan Gerakan Pembangunan Secara Merata dan Terpadu di Wilayah Daratan Lautan/Kepulauan, dengan Akronim (Garbarata),” cetusnya.

Sambungnya, untuk mewujudkan visi-misi tersebut, maka salah satu program prioritas yang dilaksanakan adalah Sultra Produktif. Sultra Produktif dimaksudkan untuk mendorong akselerasi pembangunan yang dijalankan dengan mengoptimalkan pemanfaatan berbagai potensi dan sumber daya yang tersedia, termasuk pengembangan kuantitas dan kualitas usaha skala mikro, kecil  dan menengah di daerah ini.

“Melalui kesempatan ini, saya berharap kepada pengurus yang baru dikukuhkan agar mempunyai agenda kegiatan prioritas yang bertujuan menumbuh kembangkan UKM-IKM yang ada di Sultra,” pungkasnya.

Laporan : Pebrianto