Januari, Tiga Kepala Daerah di Sultra Bakal Dilantik

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Ali Akbar.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Tiga Kepala Daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dilantik pada Januari 2019 mendatang. Mereka yang dimaksud adalah Sulkarnain Kadir sebagai Wali Kota Kendari, Iis Eliyanti sebagai Wakil Bupati Buton serta Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Ahmad Safei-Muh Jayadin.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Ali Akbar mengatakan pelantikan yang diprediksi secara berbarengan ini berkaca pada peristiwa yang pernah terjadi di salah satu provinsi yang ada di Indonesia beberapa waktu lalu. Ketika itu provinsi tersebut akan melantik beberapa kepala daerah, nah jadwal yang dipilih pada saat itu adalah urutan kepala daerah yang akan dilantik terakhir.

“Artinya ketika besok-besok sudah keluar SK-nya Wakil Bupati Buton dan Walikota Kendari di Bulan Desember maka tetap pelantikan akan dilakukan tanggal 15 Januari 2019. Karena Bupati Kolaka tanggal 15 Januari 2019,” tuturnya saat ditemui awak media, Jumat, (23/11/2018).

Menurutnya, pelantikan secara bersama-sama seperti ini sah-sah saja dilakukan dalam rangka penghematan anggaran dan efisiensi waktu.

Namun untuk menuju pelantikan, sambung Akbar, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah harus ada salinan putusan berkekuatan hukum tetap alias incraht dari Pengadilan yang menyidangkan perkara kasus Adriatma Dwi Putra selaku Wali Kota Kendari sebelumnya.

“Senin tanggal 26 November besok, kami akan mengambil surat putusan incraht Adriatma Dwi Putra di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat sekaligus mengantar usul Wakil Bupati Buton ke Kementerian Dalam Negeri,” tuntasnya. (Pebry)

Tiga kepala daerah di sultra dilantik Januari 2019