Gempa Guncang Wilayah Ranomeeto Akibat Aktivitas Sesar Kendari

Info Gempa Mag: 2.1 SR, 05-11-2018, 16:20:18 WITA Lok: 4.18 LS-122.47 BT (Di Darat, 29.5 km Baratdaya Kendari) Kedlmn: 5 km, dirasakan II MMI di Ranomeeto, Pasar Baruga dan Lanud-Konawe Selatan:: BMKG-KDI.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Gempabumi tektonik mengguncang wilayah Ranomeeto-Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin 05 November 2018. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, menunjukan bahwa gempa berkekuatan M=2.1 terjadi pada pukul 16:20:18 Wita dengan episenter 4,18 LS-122,47 BT sekitar 29.5 KM arah Barat Daya Kendari-Sulawesi Tenggara dengan kedalaman 5 Km.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si., menjelaskan bahwa berdasarkan laporan masyarakat menunjukan dampak gempabumi berupa goncangan sedang dirasakan di wilayah Ranomeeto, Pasar Baruga dan Lanud HLO-Konawe Selatan dalam skala intensitas II MMI.

“Di daerah ini goncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh sebagian orang. Hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” ungkap Rosa Amelia.

Terkait dengan peristiwa gempabumi di Konsel, lanjutnya, hingga laporan ini disusun pada pukul 16:56 Wita, telah terjadi aktivitas gempabumi susulan sebanyak 3 kali. Untuk itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang.

“Ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di wilayah Barat Daya Kendari-Sulawesi Tenggara,” pungkasnya. (Isma)

Gempa Guncang Wilayah Ranomeeto