Pelantikan Bupati Konawe dan Walikota Baubau, Masih Menunggu SK Mendagri

Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Setprov Sultra, Tomy Indra Sukiadi.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Pelantikan pasangan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa-Gusli Topan Sabara dan Wali Kota Baubau AS Tamrin-La Ode Monianse sebagai bupati dan walikota terpilih, hingga kini belum dilaksanakan. Rencana awal pelantikan dijadwalkan dihelat pada 20 September mendatang. Namun jadwal itu batal dilaksanakan. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) masih harus menunggu Surat Keputusan (SK) dari Kementria Dalam Negeri (Kemendagri) terkait kepastian waktu pelantikan kepada dua daerah di bumi ano itu.

Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Setprov Sultra Tommy Indra Sukiadi menjelaskan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu SK dari Kemendagri perihal pengangkatan dan pemberhentian bupati dan wakil Bupati Konawe serta walikota dan wakil walikota Baubau.

“Kita masih menunggu. Saat ini Kepala Biro juga masih di Jakarta untuk konfirmasi kepastian SK nya. Nanti kalau sudah ada baru kita serahkan ke gubernur, dan menunggu waktu pelantikan dari gubernur,” ucap, Tomy saat dihubungi via telepon oleh wartawam Lenterasultra.com, Selasa (18/9/2018).

Tomy pun kembali menegaskan, jika pihaknya menunggu SK Menagri lalu kemudian perintah dari Gubernur Sultra Ali Mazi perihal kepastian waktu pelantikan dua kepala daerah itu.

“Yang jelas kita tunggu perintah, setelah ada jadwal pelantikan dari pak gubernur. Barulah kita buatkan berita acaranya, sesuai dengan putusan Menteri,” jelasnya.

Dari informasi yang dihimpun Lenterasultra.com, beredar selembaran jadwal pelantikan dua kepala daerah tersebut akan dilaksanakan pada, Senin 24 September mendatang.

Namun demikian, Tomy mengaku tidak mengetahui akan hal tersebut. Menurutnya, lembaran jadwal tersebut merupakan jadwal dari pihak Protokoler Gubernur.

“Iya katanya hari Senin, tapi itu bukan dari kita karena kita masih menunggu SK. Kalau sudah ada SK baru kita buat berita acara, sepertinya itu jadwal dari protokoler gubernur,” tutupnya.(Pebry)

Pelantikan dua kepala daerah di sultra Tunggu SK Mendagri