100 Titik Salat Ied di Kendari, Plt Wali Kota di Clarion

Alamsyah Lotunani

Lenterasultra.com-Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H/ 2018 M, Pemerintah Kota Kendari mulai sibuk melakukan persiapan terkait kegiatan yang akan dihelat. Salah satunya adalah menetapkan lokasi salat Ied. Hingga hari ini, tercatat 100 titik yang akan menjadi pusat pelaksanaan salat Idul Fitri. Sesuai jadwal, Plt Wali Kota Kendari, Sulkarnain akan melaksanakan salat Ied di pelataran Hotel Clarion, yang merupakan pusat pelaksanaan saat Ied..

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Kendari, Alamsyah Lotunani, menjelaskan, awalnya sudah tetapkan ada 99 lokasi. Namun ada tambahan satu masjid lagi sehingga total keseluruhan 100 titik.

Meskipun demikian, lanjut Ketua KONI Kota Kendari itu, jika ada masjid atau lokasi yang belum terdaftar dan ingin dijadikan lokasi penyelenggaraan salat Idul Fitri, agar secepatnya melaporkan pada panitia untuk segera didata.

“Yang kami sudah tetapkan sudah 100 lokasi. Itu sudah terdaftar. Akan tetapi bila masih ada mesjid yang ingin melaksanakan salat Ied, kami persilahkan untuk mendaftar secepatnya,” ungkap mantan Sekretaris Kota Kendari itu.

Sementara untuk takbir umum akan di pusatkan di Masjid Al Falah Keluharan Lepo-Lepo, tepatnya depan bundaran pesawat.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Kota Kendari, Abdul Rauf menambahkan, untuk wilayah II (dua), pemusatan salat Idul Fitri akan dilaksanakan di Kelurahan Benua-benua. Sementara untuk khotbah masih akan dilakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Kementerian Agama RI.

“Kita sudah sepakati untuk menunggu, Kementerian Agama sudah bersiap untuk membuat ceramah atau khotbah yang seragam dan para penceramah nanti harus menyesuaikan dari Kementerian Agama dan Pemerintah Kota Kendari, untuk soal tema ceramah masih akan dibahas,” tutupnya. (Isma)