Porprov Kolaka Pertandingkan Empat Cabor Baru

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kolaka, Hasbir Jaya Razak

LENTERASULTRA.com-Kolaka berbenah cepat. Amanah “mendadak” jadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2018 setelah Kolaka Utara menyerah, membuat daerah itu kini mengebut berbagai persiapan pelaksanaan hajatan olahraga empat tahunan tersebut. Termasuk juga persiapan arena untuk cabang olahraga (Cabor) baru yang nantinya dipertandingkan di Porprov kali ini.

Bila di Proprov Butur, 2014 lalu hanya ada 28 Cabor, maka di Kolaka dipastikan akan tambahan. “Nanti akan ada pentaque, muaythai, selam dan softball, itu yang kini kita genjot arena dan konsep pertandingannya,” kata Akring Johar, Pengurus KONI Kolaka saat ditemui lenterasultra.com, Sabtu (17/3).

Katanya, untuk memastikan arena atau kesiapan Kabupaten Kolaka sebagai penyelenggara event empat tahunan itu, sudah ada tim yang turun langsung di Kolaka. “Ada sekitar 40 orang tim dari provinsi yang datang di Kolaka belum lama ini melihat kesiapan yang ada,” ungkap mantan anggota DPRD Kolaka itu.

Sementara itu, ditempat yang berbeda. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kolaka, Hasbir Jaya Razak mengatakan, pihaknya saat ini sementara mengidentifikasi venue atau tempat Cabang olahraga yang akan dipertandingkan. “Rata-rata semua Cabor saranya sudah siap dan tinggal dibenahi,” katanya.

Sedangkan untuk pembangunan fisik, hingga saat ini pihaknya belum melakukan karena masih dilakukan identifikasi. Lagi pula, kata dia, masih menunggu desain RAB hasil identifikasi di lapangan. Yang jelas, ketika Desember pelaksanaannya, minimal satu bulan sebelumnya sudah diatas 90 persen tuntas.

Ia juga mengatakan, sebagai tuan rumah penyelenggara, pihaknya menargetkan meraih prestasi di semua cabang olahraga yang diperlombakan. Mengingat, berbagai persiapan sudah mulai dilakukan. Mulai dari identifikasi venue atau sarana olahraga maupun kesiapan atlet yang bakal mewakili Kabupaten Kolaka nanti mulai disiapkan. “Kami sangat optimis untuk tetap menjadi yang terbaik. Apalagi kita sebagai tuan rumah. Yah juara umum lah,” ungkapnya.

Terkait kesiapan atlet katanya, pihaknya merasa tidak khawatir. Sebab, selama 2017 kemarin, di Kolaka banyak diadakan kegiatan olahraga, sehingga para atlit yang ada di Kolaka sudah mulai nampak bakat mereka, tinggal dikembangkan lagi. Karena setiap cabang olahraga, sudah ada nama-nama atlitnya.

“Makanya, saat ini dilakukan identifikasi lanjutan kepada mereka (atlit red). Setelah itu, akan dilakukan pembinaan secara khusus untuk memaksimalkan kemampuan mereka sebelum bertanding dan menjadi yang terbaik,” katanya.

Untuk diketahui, pada Porprov 2014 lalu, Kabupaten Buton Utara meraih juara umum setelah meraih 94 medai emas, 73 perak dan 58 medali perunggu. Kota Kendari “runner up” dengan meraih 68 medali emas, 64 perak dan 52 perunggu. Sedangkan Kolaka menjadi peringkat kelima dengan meraih 43 medali emas, 37 medali perak dan 49 medali perunggu.

“Yang jelas, Poprov kali ini. Kolaka menargetkan melebihi raihan medali pada tahun sebelumnya, sehingga bisa menjadi juara umum,” tutupnya. (inga)

KolakaPorprov