Pendaftaran PPS Pemilu di Bombana Diperpanjang

Arisman, Anggota KPU Bombana

LENTERASULTRA.com-Kendati Pemilu Caleg dan Pilpres baru akan dilaksanakan April 2019 nanti, tapi rekrutmen penyelenggara di lapangan sudah dimulai. Di Bombana, ada seribuan orang daftar jadi Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019, yang pendaftarannya sudah gelar.

Dari buku registrasi tercatat sebanyak 1.137 orang di semua Desa/Kelurahan yang ada di Bombana yang telah melakukan penyetoran berkas sebagai tanda bahwa mereka telah mendaftarkan diri untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya.

Dari daftar sebaran itu di ketahui pula jumlah pendaftar untuk Dapil Poleang sebanyak 611 pendaftar, Rumbia sebanyak 319 pendaftar, dan Kabaena sebanyak 207 pendaftar.

Arisman ,anggota KPU Bombana mengungkapkan jumlah pendaftar yang masuk lumayan banyak, dan saat ini pihaknya akan melakukan perpanjangan pendaftaran selama 3 hari yaitu tanggal 10 sampai 12 Februari nanti, karena melihat masih ada desa/kelurahan yang pendaftarnya belum mencukupi jumlah ketentuan.

“Sesuai ketentuan setiap desa/kelurahan minimal 6 pendaftar,” imbuhnya.
Lebih lanjut Arisman menerangkan setelah proses pendaftaran maka akan dilakukan verikasi berkas masing masing pendaftar. “Kemudian langsung akan kami umumkan siapa saja yang lulus berkas sekaligus membuka tanggapan kepada masyarakat selama 7 hari,” ungkapnya.

Sebagai anggota KPU yang menangani Sumber Daya Manusia Dan partisipasi masyarakat, Arisman mengungkapkan kriteria PPS yang diharapkankannya , diantarannya memiliki pengetahuan dan kompetensi dibidang kepemiluan, selain itu memiliki rekan jejak yang bagus kepada masyarakat.

“Dan yang paling terpenting mampu menjalankan tugas wewenang, dan kewajiban sebagai penyelenggara pada pemilu 2019 yang akan datang” tuturnya. Dirinya menambahkan sesuai tahapan yang ada pihaknya akan melakukan proses seleksi wawancara selama 3 hari yaitu pada tanggal 20-22 februari 2018 mendatang.

“Masing masing Desa/Kelurahan akan kita pilih 3 terbaik yang akan menduduki kursi PPS di wilayahnya masing masing, di 22 Kecamatan yang ada di Bombana ada 143 Desa/ Kelurahan jadi hanya akan terpilih sebanyak 429 orang saja yang akan manjadi PPS,” tambah Arisman.

Untuk di ketahui sesuai tahapan KPU, jadwal pengumuman PPS yang lolos seleksi yaitu akan diumumkan Februari ini, dan akan dilantik pada 8 maret 2018. Mereka akan mulai bertugas selama 16 bulan, sejak Maret 2018 sampai April 2019 mendatang.(danil)

PemiluPPS