10 Ribuan KK di Bombana Mulai Terima Rastra

Bupati Bombana, H Tafdil saat menyerahkan secara simbolis Beras Sejahtera kepada salah seorang warga, dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Bombana, Rabu (24/1)

LENTERASULTRA.com-Tafdil dan Johan Salim sudah punya gambaran dasar bagaimana sejatinya taraf hidup rakyat Bombana saat ini. Bupati dan Wakil Bupati Bombana itu bisa mengambil sampel dari angka masyarakat pra sejahtera yang dimiliki Kementerian Sosial. Ternyata jumlahnya tidak lagi terlalu ekstrim, hanya sekira 10 ribuan.

Jumlah itu merujuk pada angka penerima beras sejahtera (Rastra) yang sejak Rabu (24/1) mulai disalurkan ke seluruh wilayah Bombana. Sebelumnya, Rastra lebih dikenal dengan sebutan Raskin, dan mulai diubah penyebutannya sejak 2017 lalu. Secara simbolis, peluncuran beras bersubsidi ini dilakukan H Tafdil, Bupati Bombana, di pelataran kantor bupati.

Saat memberi sambutan, Tafdil mengaku sebelumnya sudah menerima surat dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dimana kata Tafdil ada dua model bantuan kepada daerah dan kota yaitu program Beras Sejahtera dan bantuan pangan non tunai.

“Kita di Bombana ini dapat program beras sejahtera atau Bantuan Sosial Rastra,” kata Tafdil
Ia menjelaskan, mulai Januari 2018, subsidi beras sejahtera telah diubah menjadi bantuan sosial pangan beras sejahtera yang akan disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Setiap KPM akan diberikan jatah sebanyak 10 kg beras perbulan dengan kualitas beras medium tanpa biaya tebus. “Di Bombana akan kita salurkan kepada 10.123 keluarga penerima manfaat,” ungkapnya
Untuk mendukung kelancaran penyaluran Rastra ini, Tafdil akan meberikan dukungan penuh kepada instansi terkait agar melakukan sosialisasi program yang lebih kepada masyarakat luas.

“Saya harap ini tepat sasaran, jadi tidak ada lagi pungutan atau uang tebusan. Semuanya gratis karena pemerintah daerah akan menyiapkan semua biaya-biaya itu sampai kepada penerima manfaat” tegas Tafdil.

Sementara itu, Yusran Yunus Kepala Bulog Kansilog Bombana yang mengungkapkan pada program ini pihaknya akan menyediakan stok beras sebanyak 101.123 kg ( 101,23 Ton) setiap bulannya untuk disalurkan kepada 10.123 Keluarga penerima maanfat (KPM) yang tersebar di 22 kecamatan, 141 Desa dan kelurahan yang ada di Bombona.

“Untuk yang dilauncing hari ini baru lima kecamatan yaitu Rumbia, Rumbia Tengah, Rarowatu, Rarowatu Utara dan Lantari Jaya, besok kita akan salurkan lagi ke wilayah Kabaena dan Poleang” tuturnya. (danil)

Bombanarastra