Samsat Keliling Kini Hadir di Bombana

Kasat Lantas Polres Bombana didampingi personil Satlantas, yang siap menjalankan program Samsat keliling di daerah itu

LENTERASULTRA.com-Selama bertahun-tahun punya kendaraan, Asruddin kerap telat membayar pajak. Bukannya tak punya uang, tapi warga Kelurahan Doule, Kecamatan Rumbia ini kadang kala tak punya banyak waktu untuk ke kantor Samsat yang jarak dari rumahnya lumayan jauh, sekitar 25 menit berkendara.

Tapi kini, laki-laki berusia 37 tahun itu tak lagi punya alasan untuk malas menyelesaikan kewajibanya sebagai warga negara. Samsat Bombana kini sudah meluncurkan Samsat Keliling. Satu unit motor yang sekaligus berfungsi sebagai “kantor”, bakal melayani warga yang ingin menyelesaikan masalah pajak kendaraannya tanpa harus ke kantor Samsat di Lantowua, Rarowatu Utara.

Program Samsat Keliling ini diluncurkan, Kamis (4/1) kemarin. Program ini diharapkan bisa bisa memperlancar kegiatan pengurusan dan pelayanan wajib pajak masyarakat Bombana. “Ini inisiatif kami didukung petunjuk Pak Kapolres (Bombana), maka kami coba terapkan,” kata Iptu H Adenang, Kasat Lantas Polres Bombana.

Dirinya menambahkan pelaksanaan kagiatan Samsat keliling ini akan berkepanjangan dan berlanjut. Kata Kasat Lantas dimana wajib pajak yang telah membayar pajaknya tidak perlu lagi datang ke Kantor Samsat untuk mengambil STNK nya. “Pihaknya yang akan antar sesuai dengan alamat yang bersangkutan,” kata Kasat.

Perwira polisi ini menambahkan, jika di perjalanan itu ada warga yang menitip pajaknya dibayarkan, maka akan layani. “Kami akan informasikan rinciannya kemudian antarkan kembali, intinya kami akan memberi pelayanan prima kepada masyarakat,” jelasnya.

Untuk sementara, kata dia, baru ada satu (1) unit kendaraan operasional. Tapi nantinya akan diusahakan agar bisa bertambah lagi agar pelayanan bisa lebih efektif. “Kami akan melayani item perpanjangan STNK, pergantingan STNK untuk roda 2 maupun roda 4, terkecuai untuk BPKB baru, kami tidak bisa mengantar ke Alamat karena itu harus melalui dialer dulu,” tuturnya.

Di konfirmasi terpisah, Wa Ode Warda Ambe S.Sos, Kepala UPTD Samsat Bombana mengapresiasi Satlantas Polres Bombana yang telah meluncurkan program Samsat Keliling itu. Menurutnya program tersebut sangatlah bagus agar bisa memberikan pelayanan maksimal kepada para wajib pajak yang ada di Bombana.(danil)

PolisiSamsat