108 Personil SAR Siaga di Objek Wisata

Kepala SAR Kendari, Djunaidi saat melakukan pengecekan kesiapan personil untuk pengamanan objek-objek wisata di moment pergantian tahun nanti

LENTERASULTRA.com-Mulai 25 Desember nanti, atau saat perayaan natal dan dilanjutkan dengan tahun baru 2018, objek wisata di berbagai wilayah di Sultra dipastikan akan ramai dikunjungi masyarakat. Potensi terjadinya musibah, khususnya di laut pun cukup terbuka.

Mengantisipasi membludaknya kunjungan ke lokasi wisata khususnya di pantai, Basarnas Kendari sudah menyiapkan diri. “Ada 108 personil yang kami siapkan untuk mencover seluruh areal wisata di Sultra,” kata Wahyudi, Humas Basarnas Sultra, Jumat (22/12) pagi.

Katanya, untuk pengamanan di tahun baru ada beberapa tempat wisata yang akan disiagakan personil seperti di pantai Batugong, Toronipa, Puudonggala, Taipa, Nambo dan Pulau Bokori yang tiap tahunnya padat pengunjung.

Menjelang tahun baru ini juga untuk Kota Kendari sendiri ada tiga tim yang diturunkan secara mobile untuk berkeliling di beberapa titik. “Untuk titik-tiktik tersebut yakni: Bandara Haluoleo, terminal dan pelabuhan yg berada di wilayah kota kendari dan sekitarnya,”ujarnya.

Untuk peralatan yang disiagakan pada tahun ini, sebut dia adalah terdiri dari 3 buah kapal, KN SAR Pacitan, RB 210 dan RB 307,4 buah RIB, 2 buah jetski, 12 buah Rubberboat, 3 buah rafting, 1 buah ambulance, 2 buah amphibius,1 buah ATV, 6 buah rescue truck, 7 buah rescue car, 10 buah motor trail.

Di area laut pihaknya telah siapkan tiga unit kapal yang akan beroperasi di Perairan Baubau, Kolaka, dan Kendari, khususnya Kota Kendari, menjadi pangkalan Indonesia Timut. “Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Sultra untuk selalu berhati-hati menjelang pergantian tahun 2017 kali ini, karena kecelakaan bisa terjadi dimana saja,” katanya.(astil)

SARSiaga