Rumah Pintar Pemilu Kini Hadir di Bombana

Anggota KPU Sultra, Andi Sahibuddin (berpeci) didampingi anggota KPU Bombana saat peresmian rumah pintar Pemilu di Bombana, kemarin

LENTERASULTRA.com-Bila ada warga Bombana yang ingin tahu banyak soal Pemilu dan wajah demokrasi Indonesia saat ini, silahkan datang ke KPU Bombana. Di depan kantor itu, ada sebuah bangunan mungil nan cantik bernama Rumah Pintar Pemilu. Di tempat itulah, segala informasi soal Pemilu dan Pilkada disediakan.

Kamis (14/12) kemarin, rumah bernama “Meronga” itu diresmikan. Rumah yang dibangun dengan anggaran Rp 35 juta itu tuntas dikerja selama sebulan. Bangunan seluar 6×4 meter, yang terbuat dari papan ini nampak dengan berbagai atribut dan properti pemilu yang menghiasi sisi dalam maupun sisi luarnya.

Sekretasis KPU Bombana Andi Agussaling mengatakan Rumah Pintar Pemilu ini merupakan salah satu program dari KPU RI yang diwajibkan kepada setiap KPU di daerah.

Sementara Ketua KPU Bombana Kasjumriati menambahkan Kalau Rumah Pintar Pemilu yang dia buatnya ini dinamai Rumah Pintar Pemilu MERONGA yang artinya(Bersama),

“Ini disepakati sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kita kepada suku penduduk Asli Bombana( Moronene), kita beri nama Meronga karena ini adalah rumah kita bersama,” tambahnya.

Ia juga berharap dengan adanya Rumah Pintar Pemilu ini, dapat menjadi tepat pelayanan dan menjadi pusat informasi masyarakat dalam menambah ilmu pengetahuan “Bagi yang mau mencari infomasi tentang hal hal yang menyangkut informasi tentang demokrasi dan pemilu silahkan datang,” ajak Ketua KPU Bombana itu.

Anggota KPU Sultra Andi Sahibuddin yang hadir langsung meresmikan Rumah Pintar Pemilu Meronga KPU Bombana Ini menegaskan bahwa bangunan itu merupakan program KPU secara nasional, pendiriannya ditujukan agar masyarakat luas dapat mengakses informasi terkait dengan kegiatan kepemiluan.

“Kita berharap agar Rumah Pintar Pemilu ini bisa membuka ruang kepada publik agar bisa memberikan efek positif terhadap demokrasi,dan meningatkan partisipasi Pemilih dan juga bisa memberikan berbagai informasi didalamnya serta menjadi pusat data terkait data kepemiluan yang harus diketahui oleh publik” pungkas lelaki yang di sapa Andis ini (danil)

BombanaPemilu