90 Persen SMP di Kendari Ditarget Ikut UNBK

Sartini Sarita, Kepala Dinas Dikmudora Kota Kendari

LENTERASULTRA.com-Pemerintah Kota Kendari dibawah kendali Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) kini tengah mempersiapkan satuan pendidikan setingkat SMP untuk menghadapi Ujian Nasional (UN), April 2018 nanti. Dari 38 sekolah, 32 diantaranya ditargetkan bisa menggelar UN Berbasis Komputer alias UNBK.

“Kita sedang verifikasi kesiapan 38 sekolah setingkat SMP di Kendari, mudah-mudahan 90 persen diantaranya bisa siap menggelar UNBK,” harap Sartini Sarita Kepala Dikmudora Kota Kendari. Katanya, 32 sekolah yang ditarget itu sudah mengaku siap melaksanakan.

Ia melanjutkan bahwa dari 32 sekolah itu terdiri dari 22 SMPN, 2 MTSN, dua MTS Swasta, serta 5 SMP swasta. Menurutnya pelaksanaan UNBK memaksa siswa untuk memperdalam ilmu pengetahuannya sebab, aktifitas contek-menyontek sudah tidak mungkin dilakukan.

Dengan demikian, hasil ujian yang diterima siswa adalah murni kerja kerasnya. “Siswa dituntut tidak hanya belajar tentang science, tapi juga etika dan moralitasnya melalui kejujuran,” ungkapnya.

Untuk persiapan sendiri, pihak Dikmudora telah melakukan verifikasi di sekolah-sekolah tersbut, termasuk melakukan berbagai persiapan untuk mendampingi sekolah yang akan melaksanakan UNBK pada 2018 mendatang, mulai dari memaksimalkan peningkatan sarana dan prasarana, hingga pelaksanaan Try Out berbasis komputer.(astil)

DikmudoraUNBK