Wakatobi Gagas Kerjasama Wisata dengan Prancis

Sudiman, Kepala Bappeda Wakatobi

LENTERASULTRA.com-Pemkab Wakatobi terus berupaya meningkatkan angka kunjungan turis ke daerah itu melalui berbagai inovasi. Salah satu yang saat ini dipikirkan adalah menjajaki kerjasama keparawisataan dengan pemerintah kota La Rochelle di Prancis.

La Rochelle merupakan Kota yang sukses membangun kepariwisataan di Prancis. Kota ini dinilai akan membantu pembangunan sektor unggulan Wakatobi tersebut. “Artinya yang leading sektornya juga perikanan. Dan menjurus ada yang menguntungkan untuk kita,” Kata Kepala Bappeda Wakatobi Sudiman.

Yang cenderung pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti studi banding dan penelitian antara Wakatobi dan Kota La Rochelle “Mungkin seperti La Rochelle orang kita dikirim untuk pelatihan,” katanya.

Keuntungan lainnya, selain peningkatan SDM, Pemkot La Rocelle telah menawarkan ilmuan khusus untuk menjaga kestabilan air Wakatobi. “Untuk membantu menata air kita agar tetap berkelanjutan. Siap tahu sudah kurang. Sebab kalau kita pompa terus menerus, kan kita dekat dengan air laut,” katanya.

Belum ada MoU kerjsama antara ke dua kepala daerah ini. Kerjasama akan dilakukan secara bertahap dan akan dimulai pada tahun 2018. “Kalau MoU, belum ada. Nanti Bupati Wakatobi ke sana (Prancis) atau sebaliknya,” sambungnya. Jelasnya sudah tiga orang yang dikirim ke Prancis melakukan penelitian.

Tentunya bukan hanya Kota La Rochelle. Hubungan kerjasama akan dijajaki dengan negara-negara lainnya seperti Cina, Jepang, Korea, dan Australia. Hal ini juga berhubungan dengan status Wakatobi sebagai kawasan cagar biosfer dunia. “Mungkin yang kaitannya dengan cagar biosfer itu, mungkin Unesco,” terangnya.

Bukan hanya itu, Pemerintah Wakatobi juga akan bergabung dengan organisasi-organisasi internasional yang dapat membantu pendanaan dan keilmuan. (gayus)

WakatobiWisata