KONI Belum Tentukan Jumlah Cabor di Porprov Kolut

Erycson Ludji, Sekretaris Umum KONI Sultra

LENTERASULTRA.com-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra hingga hari ini belum memiliki gambaran utuh berapa total cabang olahraga yang bakal dipertandingkan dan diperlombakan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII 2018 nanti. Wacana yang mencuat adalah 33 Cabor.

“Belum (ditentukan), masih akan dibahas lagi karena ada beberapa ketentuan utama untuk menentukan jumlah Cabor,” ujar Eryckson Ludji, Sekretaris Umum KONI Sultra, Selasa (28/11). Katanya, sebelum sampai ke tahap menentukan jumlah Cabor, KONI akan turun ke Kolut untuk melihat kesiapan venue dari daerah penyelenggara.

Erycson menegaskan, banyak pertimbangan utama untuk menentukan Cabor di Porprov. Salah satunya adalah, satu cabor itu memiliki Pengurus Cabang (Pengcab) di daerah, atau setidaknya di Sultra punya tujuh Pengcab untuk sebuah cabang.

“Itu syarat utama dan mutlak yang harus di patuhi,” tandasnya. Ia melanjutkan bahwa aturan ini sudah disepakati bersama oleh internal team 7 yang dibentuk KONI Sultra untuk memverifikasi cabang olahraga (Cabor) yang layak dipertandingkan di Porprov nanti.

Dalam aturan yang telah dibuat oleh team 7 ini disebutkan bahwa mutasi atlit inter provinsi/antar dan kab/kota selambat-lambatnya harus dilakukan pada tanggal 1 Maret 2018 dengan dilengkapi dengan Copian E-KTP, pernyataan pindah dan diketahui oleh Pengcab masing-masing.

Pihak KONI Sultra juga meminta untuk seluruh Pengurus provinsi (Pengprov) Cabor menyerahkan surat keputusan kepengurusan yang ada sebagai bukti yang bersangkutan telah memiliki kepengurusan di kabupaten/kota.

Adapun ketentuan tambahan dalam aturan-aturan yang telah dibuat oleh team KONI tersebut, yakni untuk para cabang olahraga (Cabor) se Sultra ini Adalah apabila cabor tersebut di atas sampai pada bulan Maret, tidak dapat memenuhi ketentuan point-point yang telah disebutkan maka secara otomatis dinyatakan gugur sebagai peserta Popprov XIII tahun 2018.(astil)

koniPorprov