SMA 1 Bombana Sukses Raih Akreditasi A

Kepala SMAN 01 Bombana, Amal Maliki di arena upacara HGN 2017di Jak,arta

LENTERASULTRA.com-Sekolah manapun di negeri ini, pasti amat berharap bisa merengkuh predikat Akreditasi A. Itu adalah capaian tertinggi dari sebuah kualitas, baik sarananya maupun konsep ajar di sekolah tersebut. Dan, SMA Negeri 1 Bombana, yang ada di Poleang, baru saja merebut predikat itu.

Makin istimewa karena raihan itu diumumkan tepat di hari Guru Nasional, 25 November 2017 lalu disela-sela rapat koordinasi Badan Akreditasi Provinsi (BAP) Sekolah/Madratsah dan Unit Pelaksana Akreditasi (UPA) S/M di Kendari. “Bagi kami, itu adalah kado terindah di hari guru,” bangga Amal Maliki S.Pd, Kepala SMAN 1 Bombana.

Sebagai ilustrasi, sebuah sekolah yang meraih akreditasi A dianggap telah mampu memenuhi berbagai kriteria dan standar pendidikan berkualitas baik itu dari aspek kurikulum, guru, sarana prasarana, aspek pengelolan, pembiayaan serta standar kompetensi lainnya.

Amal makin bahagia karena kabar ini seperti sebuah hadiah bertumpuk baginya yang pada saat bersamaan juga diundang ke Jakarta menghadiri upacara Hari Guru Nasional. “Ini adalah kehormatan (diundang di Jakarta), karena hanya Bombana dan satu sekolah dari Muna,” katanya.

Bersama Kepala SMA 2 Parigi di Muna, Amal Maliki menghadiri undangan Simposium Nasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan, untuk mengikuti kegiatan penyelenggaran kreativitas dan apresiasi guru dan tenaga kependidikan dalam rangka peringatak hari guru nasional tahun 2017, untuk tingkat SMA.

Kepsek yang sejak tahun 2006 memimpin SMA Negeri 01 Bombana ini, sejak awal selalu optimis untuk mengejar predikat akreditasi A itu. Selama ini dirinya terus melakukan pembenahan dan kerja keras untuk mencapai itu.

Dirinya menambahkan kalau raihan ini adalah berkat kerja keras bersama, dan juga oleh tim persiapan Akreditasi SMAN 1 Bombana yang telah mempersiapkan segala bukti bukti pendidikan terkait dan standar nasional pendidikan,

Untuk diketahui pada bulan Agustus 2017 lalu, SMAN 01 Bombana juga sukses menorehkan prestasi sebagai pemenang juara satu lomba perpustakan se Sulawesi Tenggara. Atas suksesnya itu, pihak SMA Negeri 01 Bombana berharap agar bisa mewakili Sultra pada lomba perpustakaan tingkat nasional

“Kami terus melakukan upaya peningkatan sarana perpustakaan,baik itu dalam hal sumber referensi, penambahan koleksi referensi, menyiapakan WiFi, ruang audio visual serta ruang baca indoor dan outdoor” pungkas Amal Maliki, yang kemarin saat menghubungi lenterasultra.com, masih berada di Jakarta.(danil)

Bombanaperpustakaan