Dua “Sitti” Jadi Kades di Wawonii

60 Kepala Desa di Konkep yang dilantik secara berjamaah oleh Bupati, H Amrullah kemarin

LENTERASULTRA.com-Konawe Kepulauan (Konkep) sukses menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk pertama kalinya. Meski sempat ada protes, tapi tak sampai mengubah hasilnya. Mereka yang terpilih menjadi manager di desanya itu bahkan sudah dilantik.

Kemarin (22/11), Bupati Konawe Kepulauan, H Amrullah melantik 60 kepala desa secara berjamaah di aula Sekretariat Pemda Konkep. Salah satu yang menarik adalah lahirnya dua perempuan yang terpilih sebagai Kepala Desa, sebagai bukti jika emansipasi sudah menjalar sampai ke pelosok daerah itu.

Yang unik, dua perempuan ini sama-sama bernama awal Sitti. Yakni Sitti Sitti Saadiah yang jadi Kepala Desa di Tangkombuno Kecamatan Wawonii Timur Laut dan Sitti Maemunah, yang dipilih rakyat Wawouso Baru, Kecamatan Wawonii Selatan sebagai Kepala Desa.

Selain kepala desa yang dilantik, tim-tim penggerak PKK Desa juga ikut dikukuhkan. “Tolong kedepankan nilai-nilai toleransi dan ikhlas melayani masyarakat,” harap H Amrullah, Bupati Konkep dalam sambutannya usai pelantikan.

Selain itu, Ketua Partai Demokrat Konkep ini juga meminta agar para Kades terpilih dan sudah dilantik untuk tidak menyimpan benih-benih perbedaan saat Pilkades digelar. Kepala desa diminta merangkul semua elemen di desa untuk bersama-sama membangun daerah.

“Jangan lagi bermusuhan karen hakekatnya kita semua bersaudara. Saya juga meminta agar kades bisa lebih kreatif membangun desanya. Jika desanya ada potensi Wisata maka fokuskan mengembangkan. Kemudian yang terpenting jangan pernah terbesit bermain-main dengan dua sumber anggaran baik ADD dan DD,” Amrullah mewanti-wanti aparatnya itu.

Di halaman gedung pelantikan yang berlangsung diseputaran perkantoran telah berkerumun masyarakat demi menyaksikan proses pelantikan. Mereka hadir untuk memberikan dukungan sekaligus selamat kepada pimpinan desa mereka yang baru.(hendrik)

kadeslantik