Porprov Jadi Ajang Cari Pesilat Sultra Berbakat

La Ode Darmansyah, Wakil Ketua IPSI Sultra

LENTERASULTRA.com-Tradisi prestasi atlet pencak silat Sultra di berbagai iven olahraga besar nasional, sudah lama tak terdengar. Padahal, di masa lalu, Silat jadi salah satu cabang pendulang medali di turnamen-turnamen yang mempertemukan pesilat antar provinsi.

Proses pencarian bibit pesilat handal juga tak terhenti. Tapi masih sulit menemukan yang bisa meroket namanya sampai ke kancah nasional. “Makanya kita harapkan, ajang Porprov di Kolut tahun depan bisa melahirkan pesilat-pesilat tangguh,” harap La Ode Darmansyah, Wakil Ketua PP Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Sultra.

Kata Darmansyah, moment Porprov nanti harus jadi ajang seleksi untuk para atletnya dalam menghadapai event bergengsi yakni Pra PON di tahun 2019 nanti. Ia melanjutkan bahwa atlet-atlet pencak silat di Sultra sesungguhnya cukup banyak hanya perlu diberdayakan dan diberikan jam tanding yang banyak.

“Karena kita melihat bahwa dengan sumber daya yang banyak belum tentu kita bisa berprestasi jika minim pengalaman, dan tentu dengan latihan ekstra dengan motto harus bisa dapat prestasi,” katanya.

Jika kita ingin prestasi, kata mantan Kasatpol PP Muna ini, usaha harus maksimal. Tapi jangan berharap prestasi banyak dengan usaha dan tekad yang setengah-setengah. Wasit nasional pencak silat ini juga berharap bahwa setelah kegiatan Porprov di Kolaka Utara, bisa diadakan lagi Kejurda guna melatih skill dan mental para atlet-atlet.(astil)

PorprovSilat