Wundudopi dan Purirano Juara Lomba PKK Terpadu

Siska Karina Adriatma, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari saat memanen sayur di kebun warga di Kelurahan Wundudopi, beberapa hari lalu. Istri ADP ini terpukau dengan kreativitas para ibu di kelurahan ini

LENTERASULTRA.com-Kreatifitas para ibu PKK di Kelurahan Wundudopi di Baruga dan Purirano di Kecamatan Kendari akhirnya berbuah manis. Tim penggerak PKK Kota Kendari menasbihkan dua kelurahan itu ikut penilaian lomba PKK terpadu tingkat Provinsi Sultra.

Keputusan ini diambil setelah melalui penilaian selama sepekan pada 11 kelurahan yang mewakili kecamatannya masing-masing se Kota Kendari. “Penilaian kami, dua kelurahan inilah yang terbaik,” kata Siska Karina Adriatma, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari.

Kata Siska, dari delapan kategori lomba, Kelurahan Wundudopi dan Kelurahan Purirano yang mendominasi hampir semua lomba. “Jadi, Wundudopi juara pertama, Penyuluhan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), Toga dan Hatinya PKK, sedangkan Purirano terbaik di kategori lomba UP2K PKK, tertib administrasi dan Dasa Wisma,” tambah Siska.

Putri mantan Bupati Konsel itu menambahkan, untuk lomba Kader dan Lingkungan Bersih masing-masing Kelurahan Bonggoeya dan Kelurahan Mandonga. Siska mengakui hampir semua kelurahan yang dinilai memenuhi kriteria, namun masih ada yang lebih baik.

“Saya berharap tim penggerak PKK kelurahan dan kecamatan terus melakukan pembinaan secara berkala dan berkelanjutan pada masyarakat, tidak hanya pada saat penilaian saja, sehingga 10 program popok PKK bisa tercapai,” ujarnya.

Ia mencontohkan seperti yang sudah dilakukan di Kelurahan Wundudopi sejumlah warga sudah memanfaatkan lahan pekarangannya dan sejumlah lahan tidur untuk ditanami sayuran sehingga bisa menambah pendapatan warga.

Ia yakin jika seluruh kelurahan melakukan hal serupa, peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa tercapai dan minimal bisa membantu pemerintah menekan angka inflasi yang kerap kali diakibatkan harga sayuran yang melambung utamanya jenis cabai.

Rencananya penilaian lomba PKK Terpadu tingkat Propinsi Sulawesi Tenggara akan dilaksanakan tanggal 24 November 2017.(alin)

ADPSiska