429 Kursi PPS Bombana Diperebutkan 1.170 Peminat

FOTO : DANIL/LENTERASULTRA.com
Para peminat calon anggota PPS Bombana sedang menunggu panggilan untuk tes wawancara di KPU Bombana

LENTERASULTRA.com-Jadi penyelenggara Pilkada di level paling bawah sekalipun masih cukup diminati. Di Bombana, untuk jadi seorang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), tiap satu pendaftar,  harus bisa menyingkirkan dua sampai tiga pesaingnya.

Di daerah itu, saat ini ada 1.170 orang tengah diseleksi untuk jadi anggota PPS di 143 desa/kelurahan di wilayah itu. Dengan jumlah sebegitu besarnya, KPU hanya butuh 429 orang. Persaingan untuk berebut satu kursi dipastikan sangat ketat.

Bila dikonversi, untuk meraih satu jatah PPS, harus bisa menyingkirkan setidaknya dua kandidat lainnya. “Kita butuh 3 orang anggota PPS di tiap desa/kelurahan,” kata Kasjumriati, Ketua KPU Bombana.

Kata pengganti Arisman ini, pendaftar sebenarnya lebih banyak lagi yakni 1.192, tapi ada 22 orang yang dicoret karena berkasnya bermasalah. “Yang lolos seleksi inilah yang sekarang kami wawancarai,” kata Kasjumriati, Sabtu (4/11) siang di sela-sela seleksi PPS.

Tapi tak hanya calon anggota PPS yang berjuang. Para komisioner juga butuh energi ektrasi untuk melakukan seleksi. Pasalnya, para calon bukan dikumpulkan di satu tempat tapi, para anggota KPU itulah yang turun lapangan di 22 kecamatan yang ada di Bombana.

Dengan jumlah komisioner hanya 4 orang, tidak mudah untuk menjalani tugas ini. Khusus di wilayah Rumbia, calon anggota PPS di tes langsung Kasjumriati, yang dipusatkan di kantor KPU Bombana.

Ketua KPU Bombana Kasjuriati,mengatakan kalau tes wawancara ini dilaksanakan sesuai jadwal selama 6 hari,dimulai tanggal 4 sampai 9 november 2017 nanti.

“Untuk efektifnya kami anggota komisioner membagi wilayah di masing masing kecamatan, ada yang ke Poleang, ada juga yang ke Kabaena, kami akan usahakan selesai sesuai jadwal yang telah kami tentukan,” tambahnya.

Ketua KPU Bombana juga sangat mengapresiasi banyaknya peminat. Secara tidak langsung ini menunjukan besarnya keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyelenggaran pemilu mendatang.

“Kami cari calon anggota PPS yang mampu bekerja ,memiliki integritas dan memiliki pengetahuan tentang pemilu,” katanya.

Untuk di ketahui pengumuman PPS yang lulus akan diumumkan pada tanggal 10 November 2017 ,sementara pelantikannya akan bersamaan dengan pelantikan PPK pada tanggal 11 November 2017 nanti.(danil)

PPKPPS