320 Orang Berebut Kursi PPK di Bombana

FOTO : DANIL/LENTERASULTRA.com
Suasana penerimaan pendaftaran calon anggota PPS di KPU Bombana

LENTERASULTRA.com-Jatah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Bombana untuk mengurusi Pilgub Sultra nanti hanya tersedia 110 kursi. Itu untuk mengisi kuota lima orang per kecamatan. Di Bombana, saat ini ada 22 kecamatan.

Tapi peminat kursi PPK ini lumayan besar. Setelah menverifikasi berkas pendaftaran, KPU Bombana hanya mempersilahkan 320 pendaftar untuk masuk ke fase berikut, yakni tes tulis dan wawancara yang akan digelar Senin (23/10) sore nanti. “Lima orang kami gugurkan. Hanya 320 orang yang berkasnya memenuhi syarat,” aku Arisman, anggota KPU Bombana.

Komisioner yang mengurusi divisi sumber daya manusia dan partisipasi masyarakat ini mengatakan, lima pendaftar yang dicoret itu kasusnya macam-macam. Ada yang tidak memiliki KTP elektronik Bombana, ada pula yang membawa ijazah scan.

Arisman juga menambahkan kalau pihaknya sudah membuka ruang tanggapan kepada masyarakat terkait pengumuman berkas PPK tersebut. “Kalau ada yang keberatan, silahkan datang melapor ke kami,” kata mantan Ketua KPU Bombana ini.

Menurut Arisman ada beberapa kriteria calon anggota PPK yang diharapkan oleh pihaknya. Mulai dari profesional dan memiliki integritas, menguasai pengetahuan tentang masalah kepemiluan, independen tidak memihak, dalam melaksanakan tugas tugasnya harus adil dan bertanggung jawab.

Sore nanti, kata Arisman, 320 calon anggota PPK itu akan mengikuti seleksi tes tertulis di SMAN 3 Bombana. Dari hasil tes tertulis ini akan dipilih 10 nama di tiap tiap kecamatan yang akan mengikuti seleksi berikutnya yaitu tes wawancara.

Untuk di ketahui tes wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober sampai 3 November 2017 mendatang. Sementara pengumuman 5 PPK yang lulus di tiap tiap kecamatan akan disampaian pada tanggal 4 November 2017.

Sementara itu pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Bombana juga tak kalah padat. Sejak 20 Oktober 2017 lalu, sudah ada sebanyak 1.192 pendaftar yang datang menyetor dokumen. Ada sekitar 20 orang yang tidak lulus berkas.

Seleksi wawancara PPS akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 9 November 2017. Pelantikan PPS dan PPK akan dilaksanakan serentak pada tanggal 11 November 2017.(danil)

Editor : Sarfiayanti

ArismanPPK