Desember, Beasiswa Cerdas Wawoniiku II Dicairkan

Muh Yani, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konkep,

LENTERASULTRA.com-Masyarakat Konawe Kepulauan (Konkep) memang pantas memberi amanah kepada Amrullah dan Andi Muh Lutfi sebagai Bupati dan Wakil Bupati. Sejak dilantik 2015 lalu, keduanya hanya fokus membangun daerah yang dulu dikenal sebagai Pulau Wawonii.

Sederet program pembangunan dijalankan. Baik itu infrastruktur maupun pengembangan sumber daya manusia. Salah satu yang fokus dijaga pasangan berakronim Beramal itu adalah sektor pendidikan.

Sebuah program bertajuk Cerdas Wawoniiku, berupa pemberian beasiswa kepada anak-anak muda daerah itu yang sedang menempuh pendidikan, adalah ikrar politik yang sudah dan terus dilaksanakan keduanya.

Nah, setelah sukses dengan Cerdas Wawoniiku tahap pertama, Desember nanti, program ini akan kembali digelontorkan. Ada Rp 6 miliar yang disiapkan daerah untuk memastikan tak ada anak Wawonii putus kuliah hanya karena tak ada biaya.

“Desember kami akan cairkan tahap dua beasiswa cerdas Wawoniiku,” ucap Kepala Dinas (Kadis), Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Muh. Yani di ruang kerjanya, Jumat, (20/10) pagi.

Kata dia, program beasiswa tersebut dicairkan tiap semester. Januari-Juni adalah masa pencairan tahap I, Juli-Desember untuk tahap II. “Pak Bupati nanti yang serahkan sekalian memberi pengarahan kepada penerima beasiswa,” kata mantan Kabag Pemerintahan Konkep ini.

Beasiswa itu, diperuntukan bagi mahasiswa diploma sampai starata tiga. Ia menjelaskan, penerimaan beasiswa tahap II ini sama dengan tahap I. Hanya saja instansi terkait, akan melakukan ferifikasi berkas penerima beasiswa sebelumnya.

Mahasiswa umum mendapatkan bantuan beasiswa sebesar 2,5 juta, strata 2 7,5 juta, dan S3 15 juta. Di tahap pertama, anggaran beasiswa cerdas Wawoniiku itu sudah menyerap anggaran Rp 2,7 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan memperkirakan, total beasiswa nanti yang akan habis sekira Rp 5 miliar. “Nanti lebihnya akan dikembalikan ke kas daerah,” imbuhnya.(hendrik)

CerdasKonkep